Kompolnas : Untuk Bantu Tanggulangi Bencana, Polri Perlu Tambah Fasilitas

TARKI, (GE). – Selain menangani keamanan, Polri juga kerap diperbantukan dalam penanggulangan berbagai bencana. Untuk membantu penanggulangan bencana ini tentunya ditunjang dengan fasilitas.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai Polri saat ini masih kekurangan sarana dan prasarana terutama dalam penanganan bencana. Banjir bandang yang menimpa Garut tempo hari menjadi salah satu pertimbangannya.

Anggota Kompolnas, Dede Farhan Launawi, menyebutkan, kebutuhan alat berat mutlak dibutukan bagi kepolisian. Adanya alat berat akan menunjang dalam penanganan bencana seperti yang terjadi di Garut.


“Kami ingin lihat kesiapan polisi dalam tanggap bencana. Setelah berbincang dengan pak Kapolres, ternyata ada kekurangan sarana dan prasarana,” ujar Dede usai mengunjungi Polsek Tarogong Kidul, Jumat (14/10/ 2016).

Selain alat berat, drone atau pesawat tanpa awak juga dibutuhkan. Hanya saja anggaran yang ada tak mencukupi untuk pemenuhan kedua sarana tersebut.

“Nanti akan kami usulkan ke Presiden agar anggaran sarana dan prasarana bisa ditambah. Apalagi untuk Garut yang daerah rawan bencana,” katanya.

Dikatakannya, pascabencana pihaknya ingin memastikan terkait pelayanan publik di Polsek Tarogong Kidul dan Polres Garut. Jangan sampai masyarakat yang butuh pelayanan dibiarkan.

“Saya lihat walau kantor Polsek masih berbenah tapi sudah bisa melayani lagi. Kendaraan yang rusak juga sudah mendapat bantuan dari Kapolri,” ucapnya.

Dijelaskannya, Kompolnas akan memberi saran dan pertimbangan kepada Presiden terkait anggaran sumber daya manusia dan sarana Polri. Terkait pungutan liar yang jadi perhatian Presiden, pihaknya juga melakukan pengawasan.

“Jangan takut untuk melaporkan kepada kami jika ada aparat yang melakukan pungli. Harus ditindak tegas jika ada yang melakukannya,” tandasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI