Komplotan Curanmor Diciduk, Puluhan Unit Ranmor Berhasil Diamankan

GARUT, (GE).- Satresmob Polres Garut baru baru ini berhasil menciduk tiga orang anggota komplotan pencuri kendaraan bermotor (curanmor). Komplotan curanmor yang berhasil dibekuk ini diketahui kerap melakuka aksinya di kawasan perkotaan.

Kasubag Humas Polres Garut, AKP Ridwan Tampubolon, mengungkapkan, komplotan curanmor yang diciduk ini diantaranya berinisial AS (24) warga Tarogong Kaler, M (20) warga Cisompet, dan AGS (24) warga Rancaekek Kabupaten Bandung.

“Ya, ada pengungkapan komplotan curanmor oleh Satresmob Polres Garut baru-baru ini. Ada tiga orang anggota komplotan yang berhasil kita tangkap dan saat ini sudah diamankan di Mapolres,” jelasnya, Ahad (18/12/2016).


Dijelaskannya, komplotan tersebut selama ini kerap melakukan aksinya sehingga meresahkan warga. Adapun modus yang mereka lakukan adalah dengan meminjam kendaraan milik korban. Berdasarkan hasil pemeriksaan petugas, tutur Ridwan, kendaraan hasil curian mereka kebanyakan dijual ke kawasan selatan Garut. Kawasan selatan selama ini memang sering digunakan tempat penjualan motor-motor hasil curian karena dianggap aman.

“Awalnya, tersangka meminjam sepeda motor milik salah seorang temannya di kawasan Terminal Guntur. Setelah beberapa hari, ternyata sepeda motor tersebut tidak juga dikembalikan sehingga korban memutuskan untuk laporan ke Polres Garut yang akhirnya berhasil menangkap AS dan dua anggota komplotan lainnya,” katanya.

Dikatakannya, petugas terus mengorek keterangan dari para tersangka yang berhasil diamankan hingga akhirnya diperoleh pengakuan. Para tersangka juga mengaku motor hasil curiannya tersebut kebanyakan dijual ke wilayah selatan Garut, terutama kawasan Cisompet.

“Motor-motor hasil curian komplotan curanmor ini kebanyakan dijual ke daerah Garut selatan terutama Cisompet. Satu unit sepeda motor hasil curian tersebut rata-rata mereka jual dengan harga Rp 2,5 juta,” tandasnya.

Masih menurut Ridwan, selain mengamankan tiga pelaku, polisi saat ini tengah mengejar seorang tersangka lainnya berinisl D yang diduga berperan sebagai penadah. Sepeda motor hasil curian ketiga tersangka yang berhasil diamankan, diketahui kemudian dijual kepada tersangka D. Oleh tersangka D, kemudian motor-motor hasil curian itu kemudian kembali di jual ke warga.

“Ada sepuluh unit sepeda motor yang diduga hasil curian anggota komplotan tersebut yang telah berhasil kita amankan. Sepuluh unit motor tersebut disita dari warga yang sebelumnya membelinya dari tersangka D yang saat ini masih buron,” katanya.

Selain sepuluh unit sepeda motor, tambah Ridwan, petugas juga mengamankan barang bukti lainnya berupa dua unit mobil pick up yang juga diduga ada kaitannya dengan aksi kejahatan komplotan ini. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI