KNG Jadikan Ramadhan Sebagai Momentum Aksi Sosial

KOTA, (GE).- Ketimbang Ngemis Garut (KNG) adalah sebuah komunitas regional dari Ketimbang Ngemis pusat yang tealah eksis di Yogyakarta. Ketua KNG, Rety Nurhapsary menjelaskan, bahwa KNG dibentuk atas dasar kekesalan terhadap pengemis yang masih sehat secara rohani maupun jasmani yang kalah sama orang-orang lanjut usia renta yang masih mau mencari nafkah tanpa harus mengemis.

“KNG di Garut sendiri sudah empat bulan berdiri dan telah membantu lebih 30 orang. Alhamdulillah, kami juga mendapat banyak donasi dari donatur-donatur yang peduli,” tandasnya.

Memasuki bulan suci Ramadhan tahun ini (1437H/ 2016) KNG melakukan aksi sosial berupa bagi-bagi takjil gratis kepada warga setempat. Aksi sosial ini digelar di sepanjang jalan Ahmad Yani Garut dan di beberapa titik keramaian lainnya, Minggu (19/06/2016).

Bagi-bagi takjil yang dilakukan KNG ini agak berbeda dengan aksi sosial pada umumumnya. KNG hanya membagikan menu takjilnya kepada orang-orang khusus yang dinilainya dari kaum dhuafa namun masih mau berusaha mencari nafkah dengan tidak mengemis.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang selalu berjuang menyambung hidup dengan tidak memilih jalan pintas seperti mengemis.” Tegas Rety.

Dikatakannya, pada saat ini relawan KNG saat ini berjumlah 40 orang. Para relawan KNG didominasi kaum muda, semisal pelajar SMP-SMA, Mahasiswa. Selain itu ada juga masyarakat umum dari berbagai profesi.

“Saya pribadi suka dengan kegiatan ini. Bisa menambah wawasan, kepedulian terhadap sesama, . Ada perasaan puas dalam hati ketika bergabung bersama relawan KNG dalam membantu orang-orang yang tidak mampu.” Tutur Fiqral Jamaluddin, salah seorang relawan KNG yang masih duduk di bangku SMA.

Selain aksi di lapangan, KNG juga memanfaatkan teknologi media sosial untuk mensosialisasikan berbagai kegiatannya, misalnya melalui akun Instagramnya @ketimbang.ngemis.garut.

“Alhamdulillah, sosialisasi kita melalu medsos juga mendapatkan respon positif dari masyarakat Garut. Saat ini akun @ketimbang.ngemis.garut, telah diikuti oleh 3688 pengguna Instagram. Misi utama KNG ini adalah memberikan santunan sedikitnya lima orang perbulannya.” Jelasnya.

Dijelaskannya, sebelum melakukan aksi sosialnya KNG terlebih dahulu melakukan survei terlebih dahulu mencari sosok-sosok inspiratif yang masih mau berjuang bertahan hidup dengan terus mencari nafkah tanpa meminta belaskasihan dari orang lain. Penggalangan dana pun lebih banyak disosialisakan via media sosial. (Sidqi Al Ghifari)***