Khitanan Massal Tandai Penyambutan Tahun Baru 1438 H di Cilengkeng

BANJARWANGI, (GE).- Tahun baru Hijriyah memiliki makna tersendiri bagi umat Islam, karena secara historis dalam menentukan Tahun Baru Hijriah itu dirujuk dari hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Sebagian Umat Islam setiap tahun memperingati Tahun Baru Hijriah dengan beragam cara, baik melalui dzikir bersama, pawai taaruf, memberikan santunan dan lain-lain.

Pada peringatan Tahun Baru Islam 1438 H di Kampung Cilengkeng, Desa Wangunjaya, Kecamatan Banjarwangi, digelar beragam kegiatan, mulai dari khitanan Masal, pawai keliling, bazar, pidato serta santunan terhadap anak yatim. Kegiatan “Muharaman” dipusatkan di halaman Mesjid Al- Istiqomah, Kampung Cilengkeng.

Penyambutan tahun baru hijriyah kali ini, terasa istimewa, karean dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi IX, Dra.Hj.Siti Mufatahah. Disamping itu, hadir pula Camat Banjarwangi, pengurus MUI, Kepala Dinas instansi, Ketua PK KNPI, Kepala Desa Wangunjaya, tokoh masyarakat, para santriwan santriwati, serta undangan lainnya.


Ketua Pelaksana kegiatan “Muharaman,” Guntara, mengatakan, gelaran penyambutan 1 Muharam 1438 H ini tiada lain untuk menumbuhkan semangat baru kepada masyarakat Cilengkeng dan sekitarnya.

“Ya, untuk menumbuhkan semangat baru kepada masyarakat, khususnya kaum Muslimin. Kita harus mampu hijrah atau berubah dari tatanan kehidupan kurang bermanfaat menuju masyarakat madani,” ujar Guntara.

Diharapkannya, warga Cilengkeng khususunya, dan Desa Wangunjaya, Kecamatan Banjarwangi terus menerus ada perubahan ke arah kehidupan yang lebih baik, terutama dalam mengamallan ajaran Agama Islam.

Dijelaskannya, penyambutan 1 Muharam ini, warga masyarakt beserta para pemuda yang ada di Kampung Cilengkeng sesuai hasil musyawarah sepakat mengadakan berbagai kegiata, antara lain khitanan masal yang diikuti oleh 20 orang anak berasal dari kampung di sekitar Cilengkeng.

“Khitanan masal ini merupakan hasil Kerja sama dengan Medical Giri Mukti pimpinan Dadang, juga dengan pengurus PK KNPI Kecamatan Banjarwangi.” tandasnya.

Ditambahkannya, dalam “Muharaman” ini juga diadakan lomba pidato itu diikuti 40 peserta se Kecamatan Banjarwangi. Kemudian ada bazar yang menjajakkan segala jenis makanan berbahan dasar singkong, dan kegiatan lainya menambah semarak penyambutan tahun baru Islam di kawasan Banjarwangi.
“Semoga dengan peringatan Tahun Baru Hijriyah 1438 ini, masyarakat bisa mengambil hikmah serta berubah kearah kehidupan yang lebih baik .” Harapnya.

Sementara, Camat Banjarwangi, Drs. Enyang Juanda mengharapkan dengan diselenggarakannya peringatan tahun baru Hijriah ini, warga masyarakat Kampung Cilengkeng pada khususnya umumnya warga masyarakat Kecamatan Banjarwangi, untuk memberanikan diri mengoreksi diri dari hal-hal yang kurang bermanfaat menuju kepada program lebih baik.

“Kita sama-sama mempunyai tekad kuat untuk pindah atau berubah dari situasi dan kondisi yang buruk ke raah lebih baik dimulai dari diri pribadi, keluarga, masyarakkat satu kampung, satu desa, se Kecamatan, mudah-mudahan bisa menyeluruh. Terima kasih kepada seluruh jajaran panitia dan masyarakat Cilengkeng yang sudah berjuang secara maksimal dalam menyelenggarakan peringatan tahun baru Hijriyah ini. semoga Alloh membalas semua pengorbanannya, juga kepada warga masyarakat, mudah-mudahan tahun 1438 ini kehidupan kita lebih baik lagi, “ tutur Enyang. ( H.Uloh )***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI