Ketika Ayam Pelung Berkokok di Makorem 062/Tn Garut

ilustrasi.

GARUT,(GE).- Belum lama ini ratusan pehoby ayam pelung memamerkan hewan ternak piaraannya di Lapangan Markas Korem (Makorem) 062 Tarumanagara (Tn) Garut. Saat itu ratusan ekor ayam dengan suara kokokkannya yang khas dipamerkan dalam sebuah kontes. Sontak saja, saat itu suara ratusan ekor ayam pelung terdengar riuh rendah, Ahad (26/8/2018).

Komandan Korem 062/Tn, Kolonel Inf Tatan Ardianto mengatakan, kontes ayam pelung yang digelarnya bukan hanya untuk kompetisi semata. Lebih dari itu, dalam kegiatan tersebut ada silaturahmi diantara penggemar dan peternak ayam pelung. Kontes (ayam pelung) juga diharapkan bisa menjadi wahana untuk melestarikan populasi ayam pelung.

” Selain silatrtahmi, kontes ini juga diharapkan bisa menghasilkan bibit unggul yang akan menghasilkan harga jual sangat mahal. Tujuan lainnya, bisa melestarikan rasa cinta masyarakat terhadap ayam pelung dan mengamankan populasi,” ungkapnya.


Diharapkannya, ayam pelung tetap eksis dimata internasional, dan bisa menjadi media untuk menarik wisata berkunjung ke Kabupaten Garut.

” Kontes ayam pelung ini merupakan acara rangkaian kegiatan HUT RI ke-73. Melalui momentum ini Korem 062/Tarumanagara merasa terpanggil untuk melestarikan menggali kembali budaya seni kontes ayam pelung yang diikuti oleh banyak sekali peserta,” ujarnya. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI