Kesejahteraan Petani Dorong Kedaulatan Pangan

GARUT – Pemerintahan Jokowi-JK telah menetapkan prioritas pembangunan pertanian menuju swasembada pangan dalam waktu tiga tahun. Target swasembada pangan tersebut ditujukan untuk tujuh komoditi yaitu padi, jagung, kedelai, gula, bawang merah, daging dan cabai. Bahkan untuk mencapai swasembada pangan tersebut, Presiden pun menyatakan “apapun saya beri, yang penting swasembada terwujud”.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Slamet menegaskan program swasembada pangan merupakan wujud dari dukungannya kepada program pemerintah yakni menuju swasembada pangan nasional tahun 2017.

Menurutnya kegiatan yang dilakukan oleh Korem 062/Tn dan Kodim 0613/Cms ini perlu adanya kerja sama dari berbagai pihak seperti instansi Pemerintah setempat, industri, masyarakat, dan petani langsung.


“Pihak industri dalam kegiatan ini turut berpartisipasi dengan memberikan bantuan berupa benih jagung terpilih yakni Dekalb 888, pengawalan praktik budaya terbaik, serta jaminan pasca panen kepada petani jagung binaan TNI AD diwilayah Kodim 0613/Cms,” ujar Achirudin‎, Selasa (14/2).

Harapan dari Dandim 0613/Cms ke depannya adalah program kemitraan bersinergi ini dapat menjadi contoh bagi seluruh petani di Indonesia agar bisa mendapatkan dukungan menyeluruh menuju swasembada pangan 2017 dengan mengaplikasikan teknologi pertanian tepat guna.

Sementara itu Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin menuturkan, Pemerintah Kabupaten Ciamis mendukung program TNI dalam Tanam Perdana Jagung Hibrida ini sebagai upaya menjaga Ketahanan Pangan. Kebutuhan pakan Jagung di Kabupaten Ciamis baru bisa terpenuhi sebesar 15% per harinya sementara kebutuhan pakan Jagung setiap harinya mencapai 100 ton.

Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Joko Hadi Susilo, S.I.P dalam kesempatan ini memberikan apresiasi positif kepada Pemda Kabupaten Ciamis dan para pihak yang telah berkontribusi dalam Tanam Perdana Jagung Hibrida dengan mengangkat tema Melalui Upaya Khusus Perbaikan Ketahanan Pangan Kita Tingkatkan Produksi Jagung Dalam Rangka Program Swasembada Pangan Nasional‎.

Program swasembada pangan yang telah dilaksanakan di wilayah Kabupaten Ciamis ini dalam rangka membantu perekonomian di Indonesia. “Ke depannya program ini dapat terus ditingkatkan baik mutu maupun jenis tanamannya.” (Penrem 062/Tn)

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI