Kerjasama dengan Kementan, Kodim 0611 Akan Cetak Puluhan Hektare Sawah Baru

GARUT, (GE).- Sebagai upaya ciptakan ketahanan pangan di kawasan Kabupaten Garut, Kodim 0611 Garut bekerjasama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) siap mencetak sedikitnya 24 hektare lahan sawah baru.

Dandim 0611/Garut, Letkol Arm. Setyo Hani Susanto, menegaskan, di tahun ini (2017) pihaknya mendapat program dari Kementan untuk membuka lahan sawah. Lahan tersebut tersebar di dua kecamatan di kawasan selatan Garut.

“Kami akan cetak sawah di Pakenjeng dan Pameungpeuk. Kedua wilayah itu sudah kami survey dan cocok untuk membuka lahan baru,” tandasnya, Selasa (17/1/ 2017).


Setyo menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan warga setempat untuk pembukaan lahan sawah tersebut. Sementara, tanah yang akan digunakan merupakan lahan milik warga. Pihaknya hanya berperan untuk melakukan pendampingan.

“Kita juga koordinasi dengan Dinas Pertanian Garut. Jadi ada beberapa fase yang harus dilalui sebelum dijadikan sawah,” jelasnya.

Beberapa wilayah di Jawa Barat, menurutnya telah sukses melakukan program pencetakan sawah baru yang bekerjasama dengan TNI. Dengan digulirkannya program yang baru pertama kali di Garut ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi warga sekitar.

“Di tiap kecamatan ada 12 hektare lahan yang akan dibuka. Kalau masih ada lahannya, kami akan minta untuk tambah lagi,” ucapnya.

Untuk mengatasi masalah air, Setyo juga telah meninjau sumber mata air terdekat. Nantinya, akan ada pembuatan irigasi agar lahan sawah bisa terus teraliri air.

“Kami sudah cek ada sekitar 4 sampai 7 kilometer sumber air itu. Nanti akan kami buat sodetan biar air bisa mengalir ke sawah. Selama ini warga sudah berupaya tapi kurang maksimal,” ujarnya.

Diungkapkannya, pihaknya akan memberikan bimbingan kepada para petani agar bisa menanam hingga tiga kali dalam setahun. Selama ini banyak petani yang terlalu mengandalkan musim tanam dan hanya bisa sekali panen setahun. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI