Kepala BPMPD : Hati-hati, Kades Bandel Bisa Diberhentikan !

KOTA, (GE).- Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Garut, Tedi Iskandar, mengingatkan kepada seluruh kepala desa beserta jajaranya untuk tidak main- main terkait tata kelola roda pemerintahan desa.

Ditegaskanya, Peraturan Pemerintah (PP) saat ini tidaklah sulit memberhentikan kades maupun jajaranya apabila terbukti melanggar administratif. Menurutnya, seorang Kades harus secara teratur, baik dan benar melaksanakan keterbukaan informasi kepada publik terkait pengelolaan keuangan. Kesimpulanya, seorang kades harus menguasai apa yang menjadi kewajibannya, haknya, larangannya dan yang menjadi kewenangan.

” Ya, bisa sampai diberhentikan, jika dulu betapa sulitnya memberhentikan seorang Kepala Desa. Sekarang bisa , maka jangan main-main !” Tegasnya, belum lama ini.

Dikatakannya, salah satu kewajiban Kepala Desa diantaranya harus melaksanakan informasi keterbukaan publik dan pertangungjawaban, baik kepada masyarakat, BPD ataupun LPJ tahunan kepada bupati.

“Nah kalau itu dilanggar, Pemda akan mengeluarkan sangsi tegas berupa teguran. Kemudian apabila masih tetap membandel, maka sanksi tertulis menyusul akan kita keluarkan. Kemudian bila masih tetap membandel juga , Kades bisa diberhentikan sementara. Terakhir, bila Kades masih tetap tak mempedulikan peringatan, maka seketika itu dapat diberhentikan. Aturan ini berlaku juga untuk staf dan perangkatnya. Jangan main main ini diatur PP 43 pasal 87 !” Ingatnya. (Doni)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN