Kepala BPMPD Garut: Dari 421 Desa Se Kabupaten Garut Hanya 202 Desa yang Siap Cairkan Dana Desa Tahun 2016

KARANGPAWITAN, (GE).- Kesiapan aparatur desa dalam menyelesaikan pemberkasan administrasi emrupakan salah satu prasyarat pencairan dana desa. Di Kabupaten Garut sendiri proses realisasi pencairan Dana Desa (DD) ini sedikit tersendat, salah satu penyebabnya adalah lambannya penyelesaian pemberkasan dan administrasi yang dikerjakan pihak aparatur desa sendiri.

Padahal pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), sudah memberikan arahan dan sosialisasi mengenai hal itu. Namun entah kenapa, dari 421 Desa se Kabupaten Garut, baru 202 desa saja yang sudah membereskan semua administrasinya, dan dianggap siap menerima dana desa.

Demikian diungkapan Kepala BPMPD Kabupaten Garut, Drs. Teddi Iskandar, M. Si., kepada ‘GE’ di sela-sela acara penyerahan piagam penghargaan kepada Desa Cikandang, yang menjadi juara lomba gotong royong tingkat Provinsi, Kamis, (19/05/2016).

“Dana desa yang berasal dari pusat itu sudah ada dalam rekening daerah sebesar 60% dari total jumlah dana desa yang bernilai Rp 280 Miliar. Hanya tinggal menunggu proses pencairan ke tiap-tiap desa.” Tandasnya.

Dikatakannya, sampai saat ini, dari 421 desa yang ada, baru 202 desa yang sudah menyelesaikannya, itupun berasal dari 16 kecamatan yang ada. Teddi menegaskan, desa manapun yang sudah bisa menuntaskan administrasi sebagai persyaratan pencairan, maka akan cepat pula menerima dana desa.

“Namun, jika ada desa yang berleha-leha, maka pastinya akan ketinggalan. Oleh karena itu, seharusnya setiap desa bisa menyelesaikan administrasi di bulan Mei (2016/red) ini. Dari jumlah desa yang sudah siap menerima dana desa di bulan ini, ternyata desa-desa yang ada di wilayah selatan lebih mendominasi, dibandingkan dengan desa yang ada di wilayah utara Kabupaten Garut.” Bebernya.

Sementara itu, 16 Kecamatan yang desanya akan segera menerima dana desa ini diantaranya,
,Kecamatan Terogong kaler, Tarogong kidul, Wanaraja, Pasir wangi, Leles, Kadungora, Karangtengah, Cisurupan, Cikajang, Sukaresmi, Banjarwangi, Singajaya, Peundeuy, Pameungpeuk, Cisompet, Cikelet Bungbulang, Talegong, Mekarmukti, Pakenjeng, Sucinaraja, dan Kecamatan Cigedug.

“Dari daftar kecamatan yang desanya akan segera menerima dana desa, tampak jelas, jika desa-desa di wilayah selatan Kabupaten Garut, memang lebih mendominasi di banding wilayah utara dan tengah. (Useu G Ramdani)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN