Kemiskinan, bukan Halangan bagi Wildani untuk Berprestasi

WILDANI, juara I OSN SD mata pelajaran IPA tingkat Kabpaten Garut 2017.***

KESULITAN ekonomi keluarga, tidak membuat siswa kelas V SD Negeri Cipangramatan 2, Kecamatan Cikajang, Kabaten Garut, Jawa Barat, ini surut langkah dalam menggapai prestasi belajar. Justru karena itu, Wildani (11),  semakin bersemangat dalam meraih cita-citanya. Memang tidak muluk, ia hanya ingin menjadi juara di ajang Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar (OSN SD) tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan digelar pada 5 April 2017 mendatang. Setelah itu, menjadi kampiun tingkat nasional pada ajang serupa di Pekanbaru Riau 2-8 Juli 2017.

“Mohon doanya dari seluruh warga masyarakat Kabupaten Garut, agar harapan saya bisa terkabul,” ungkap Wildan, sapaan akrabnya.

DI rumah teramat sederhana inilah Wildani berjuang keras belajar untuk menggapai ambisinya mejadi kampiun OSN SD tingkat provinsi dan nasional. (Istimewa)***

Harapan pemilik nomor induk siswa nasional 0069805980 ini cukup beralasan. Toh, sekarang ia tercatat sebagai kampiun OSN SD tahun 2017 tingkat Kabupaten Garut untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang digandrunginya. Pada OSN SD tingkat provinsi, Wildan lah yang akan menjadi duta Kabupaten Garut.


Menurut pengawas SD Kecamatan Cikajang, Kurnaedin, S.Pd, M.Pd, didampingi Kepala SDN Cipangramatan 2, Enung Komariah, S.Pd, M.Pd, selama ini Wildani selalu menjadi kebanggaan sekolahnya. Betapa tidak, meski hidup dalam himpitan ekonomi keluarga yang serba kekurangan, ia tak pernah mengeluh.

“Malah, sejak kelas II hingga sekarang ia selalu meraih ranking terbaik di kelasnya. Inilah yang membuat kami bangga. Kesulitan ekonomi tidak dijadikan alasan dalam belajar,” turur Kurnaedin kepada “GE”, Kamis (23/3/17).

TAMPAK belakang rumah orang tua Wildani. Nyaris rubuh, karena lapuk dimakan usia. (Istimewa)***

Wildani adalah anak ke-6 dari 8 bersaudara pasangan Holis Sodin dan Patimah, warga Kampung Waringin RT/RW 03/04, Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Orang tua Wildani bekerja sebagai buruh tani di kampungnya.

Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Cikajang, Drs. Ruskandar, M.M.Pd, menegaskan pihaknya akan all out dalam mendukung prestasi belajar para siswa di Kecamatan Cikajang. Apalagi para siswa yang menjadi duta UPT Pendidikan Cikajang di ajang OSN SD seperti Wildani (mata pelajaran IPA) dan Machel Dinda Intrifani (kelas V SDN Padasuka 1)  juara II OSN SD tingkat kabupaten untuk mata pelajaran matematika.

“Selain bimbingan akademis, kami juga terus melakukan pembinaan mental agar pada waktunya nanti anak-anak tetap bersemangat dalam mengikuti olimpiade,” papar Ruskandar.

Setiap hari, lanjut Ruskandar, Wildani dan Machel Dinda Intrifani terus mendapat pembinaan akademis untuk meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan sesuai bidang lombanya masing-masing.

Ruskandar berharap, apa yang dicita-citakan Wildani da Machel bisa tergapai. Jakau jadi kampiun, bukan hanya sekolah dan UPT Pendidina Cikajang yang merasa bangga, nama baik Kabupaten Garut terangkat pula.

Karena itu, Ruskandar berharap dukungan penuh bagi keduanya, baik dari pihak Dinas Pendidikan maupun Pemerintah Kabupaten Garut. Terlebih bagi Wildani yang secara ekonomi, memang sangat layak mendapatkan perhatian lebih dari kita semua, khususnya dinas/instansi terkait. (SMS/GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI