Kemenlu Sumbang Rp 500 Juta, Jembatan Cijambe Segera Dibangun

GARUT, (GE).- Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan, jembatan  rawayan (gantung)  yang terputus  akibat banjir bandang yang menerjang Sungai Cimanuk September 2016 lalu, rencananya akan segera diperbaiki bulan ini (Februari 2017). Dampaknya warga Kampung Cijambe, dan sekitarnya terisolir. Aktivitas sehari-hari mereka terhambat, seperti kegiatan perekonomian, sekolah, dan aktifitas lainnya

Pembangunan jembatan rawayan yang melintang di atas Sungai Cimanuk Kampung Cijambe, Desa Sindanglaya,  Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut , akan didanai dari i bantuan Kementrian Luar Negeri (Kemenlu), sebesar hampir Rp 500 juta.

“Jadi begini, rombongan dari Kementrian luar negeri datang ke Garut. Tujuanya beliau berempati pada korban banjir sungai Cimanuk. Mereka akan membantu sarana untuk kebutuhan masyarakat. Makanya saya meminta untuk membangun Jembatan Cijambe saja,” kata Bupati di ruang Pamengkang, Pendopo, Rabu (01/02/2017).


Dijelaskannya, Pemkab Garut diberikan akses untuk berhubungan dengan luar negeri, karena di Garut akan dibangun kawasan industri.

“Kami pun sekarang diberikan akses untuk mulai berhubungan dengan luar negeri, karena Garut diberikan kawasan industri,” ucapnya.

Inspektur Jenderal Kementrian Luar Negeri RI, Mayerfas menjelaskan, bantuan tersebut terkumpul dari para kedutaan, pengusaha dan sponsor lainnya. Tak hanya untuk Garut saja, tetapi bantuan itu diberikan pula kepada yang lainnya tetapi nilainya tak sebesar untuk Garut.

“Sebetulnya anggaran itu sudah ada sekitar Rp 500 Juta an. Dana itu terkumpul dari kedutaan, duta besarnya sendiri, sponsor, pengusaha dan dari yang lainnya. Ini semua untuk korban bencana tapi tidak yang ke Aceh. Dana ini ke garut saja. Kalau bantuan yang kecil-kecil ke anak yatim piatu, orang cacat  dan lainnya,” ungkap Mayerfas.

“Sebenarnya begini, Ibu Menlu minta pada kami mencari perbaikan atau pembangunan untuk fasilitas umum, pakah sekolah, rumah, atau fasilitas umum yang diperlukan masyarakat Garut terutama korban bencana. Tadi Pak Bupati usul minta dibangun Jembatan, ya sudah itu saja” katanya. (Hakim)***

Editor:  Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI