“ Kemah Qur’an,” Ajak Siswa Dalami Al Qur’an di Alam Terbuka

Beberapa siswa SDTQ Al Furqon, tampak khusuk, menghafal Al Qur'an di dalam tenda, di kawasan Perkemahan Cilopang, kaki gunung Guntur, belum lama ini./ foto: Andri/GE.

MENDALAMI dan menghafal Al Qur’an di alam terbuka nan sejuk menjadikan sensasi tersendiri bagi para pelajar atau santri. Hal inilah yang dirasakan ratusan pelajar tingkat sekolah dasar di Kabupaten Garut.

Baru-baru ini ratusan pelajar ini diajak menikmati wisata religi dalam sebuah acara bertajuk “Kemah Qur’an” di area perkemahan Cilopang, tepanya di kaki Gunung Guntur , Kecamatan Tarogong kaler, Kabupaten Garut.


Selain mendalami dan menghafal Al Qur’an, para pelajar juga diperkenalkan dengan olahraga yang memacu adrenalin. Pengenalan olah raga out bond bagi pelajar ini dirasakan perlu untuk melatih kebernaian anak dan survive di alam bebas.

Menurut Soni Ahmad , Kepala Taman Qur’an Al Furqon (SDTQ) Al Furqon, Kecamatan Cibiuk, dengan konsep alam bernuansa alam ini, diharapkan anak didiknya bisa cepat menyerap hafalan dan lebih menghargai alam ciptaanNYA.

“ Dalam kegiatan Kemah Qur’an ini, anak anak diharapkan bisa lebih menghargai alam cipaan Yang Maha Kuasa. Para pelajar juga diajak lebih khususk beribadah di alam terbuka. Para siswa diajak berjamaah shalat di tenda, kita pun mewajibkan anak anak untuk menghafal setiap ayat di setiap waktu istirahat, “ ungkapnya.

Ditambahkannya, dengan kegiatan berkemah ini juga para pelajar dilatih untuk hidup mandiri, tidak tergantung oada orang tuannya. Mereka dibina untuk dapat hidup bersosial, menjaga kekompakan, dan bertanggung jawab terhadap tugasnya.

“Selain itu, anak anak pun dikenalkan pengetahuan bagaimana menjaga alam dan lingkungan sekitar,” katanya. Alhamdulillah, konsep Kemah Qur’an ini disukai anak didik kami,” katanya.

Jaenal Arif , salah seorang peserta kemah mengaku senang bisa belajar dan menghafal Al Qur’an, dan bermain di alam terbuka. “Pokoknya seru. Kita bisa belajar dan bermain bersama teman teman di alam terbuka. Selain bisa belajar dan menghafal Al Qur’an, bersama temean-teman kita juga bisa bermain dengan seru dan mengasyikan,” ungkapnya.

Menurut panitia penyelenggara,dalam hal ini SDTQ Al Furqon, kegiatan Kemah Quran tahun ini (2017) merupakan yang kedua kalinya digelar. Untuk meningkatkan keterampilan siswa, kegiiatan tersebut diwajibkan kepada semua siswa, mulai dari kelas satu sampai enam. (Andri)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI