Kecewa Pengelolaan Kawasan Wisata Papandayan, PMII Garut Menolak Keberadaan PT. Ail

TARKA,(GE).- Mersa tidak puas dengan pengelolaan kawasan wisata Gunung Papandayan, yang kini haknya dipegang oleh PT. Astri Indah Lestari (Ail), sejumlah anggota Pergerakan Mahasiswa Muslim Indonesia (PMII) Kabupaten Garut, menggelar aksi turun ke jalan, Selasa (6/9/2016)

Aksi yang dipustakan di kawasan Simpang Lima, Kecamatan Tarogong Kidul ini berlangsung relatif tertib. Dalam orasinya, para aktivis PMII dengan tegas menolak keberadaan PT. Ail yang kini mengelola kawasan wisata Papandayan. Mereka menuding PT. Ail telah melakukan pengrusakan lingkungan, diantaranya dengan menebang pohon di beberapa titik yang diperuntukan lapangan parkir tambahan.

Demikian disampaikan Andriyana, koordinator lapangan dalam aksi ini. Diakuinya, ia bersama rekan rekannya sangat kecewa dengan sikap PT. Ail. PMII menuntut pemerintah agar mengusut tuntas masalah perizinan yang dimiliki oleh pengelola tersebut. Masa PMII juga menuding komisi B DPRD Garut telah bersekongkol dengan PT. Ail.

“Hadirnya PT. Ail di kawasan wisata gunung Papandayan tidak berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat setempat. Karena masyarakat tidak pernah dilibatkan dalam pengelolaannya.” Tandasnya.

Setelah cukup lama berorasi di Simpang Lima, para aktivis PMII melanjutkan aksinya dengan melakukan long march menuju gedung DPRD Garut. Meskipun diterima dan langsung diajak berdiskusi, massa PMII tetap saja kecewa karena pihak pihak yang terkait yang diharapkan hadir, ternyata tidak hadir. (Hakim AG) ***