Karangpawitan “Nguniang”, Desa Sindanggalih Juara BBGRM Tingkat Provinsi

GARUT, (GE).- Pemerintah Desa Sindanggalih, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat sukses mencetak quatrick juara pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong (BBGRM) Tahun 2017 tingkat Provinsi Jawa Barat. Anugerah tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Karawang, Selasa (16/5/2017).

Bagi Kabupaten Garut, piala kehormatan yang berhasil diboyong Desa Sindanggalih pada tahun ini, merupakan torehan emas ke 4 secara beruntun sebagai pegiat gotong royong terbaik tingkat provinsi.

Sebelumnya, Desa Cangkuang, Desa Gandamekar dan Desa Cikandang, secara berurutan berhasil meraih juara serupa di tahun 2014, 2015, dan 2016.


Torehan gemilang Desa Sindanggalih pada BBGRM tahun ini, disebut Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat, tak lepas dari andil masyarakat desanya yang punya naluri tinggi dalam hal kemasyarakatan dan gotong royong. Menurutnya, minat melestarikan budaya gotong royong terutama dalam hal percepatan pembangunan di Desa Sindanggalih, sangatlah tingi.

Dikatakanya, beberapa aspek penting yang masuk dalam kriteria penilaian, betul betul sukses memikat dewan juri dan menyisihkan puluhan kandidat dari kabupaten kota lainya di Jawa Barat. Terutama dari apek peningkatatan percepatan pembangunan, warga masyarakat Desa Sindanggalih ini memang luar biasa. Angka swadaya untuk unit pembangunan Gedung dan GOR Desa saja menjapai 1,2 Milyar. Gotong royongnyapun masih kental indentitas Desa Sindanggalih.

“Ini yang mungkin sukses memikat dewan juri. Saya ucapkan banyak terimakasih kepada warga masyarakat Desa Sindanggalih, juga pak Kadesnya yang sukses menjadi motor penggerak,” katanya kepada “GE”, Jumat (19/5/2017).

Alhamdulillah disamping piala, kita juga mendapat rewards uang tunai sebesar 30 Juta dari Gubernur. Begitupun dari bapak Bupati Garut, kita dihadiahi 1 unit Ambulan. Tentunya capaian ini selaras dan sangat mendongkrak program Amazing Garut. “Semoga saja torehan ini menjadi motivasi bagi Desa desa lainya di Kabupaten Garut,” ujar Camat Rena kepada GE.

Usai sukses ditingkat Provinsi, tidak lama lagi Pemdes Sindanggalih otomatis didaulat menjadi wakil Provinsi Jawa Barat berlomba pada level Nasional yang akan digelar di Nusa Tenggara Barat.

“Kini tugas kita semakin berat karena membawa citra Provinsi. Rencananya di NTB, namun untuk waktu kita masih menunggu kepastian. Kita tentu berharap bisa meraih sukses serupa di tingkat nasional nantinya. Insyaalloh dan mohon doanya. Alhamdulillah bapak Bupati kita sangat respon sekali dalam hal peningkatan nilai gotong royong ini. Ini implementasi dari moto kita, Karangpawitan nguniang hudang ngawitan makalangan disagala widang. Mudah mudahan selalu jadi sumber motivasi luarbiasa,” tambah Rena . (Donimelodisurya)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI