Karang Taruna Malangbong dukung Bazar Ramadhan 1438 H

GARUT, (GE).- Tradisi setiap bulan suci Ramadhan, bisa dipastikan jalan lintas Malangbong – Wado dipadati oleh para pedagang kaki lima. Kepadatan kawasan ini biasa terjadi saat menjelang sore hari saat warga “ngabuburit” menunggu waktu berbuka puasa. Tradisi ngabuburit khususnya di Jawa Barat memang sudah menjadi ajang masyarakat menunggu waktu berbuka puasa.

Menyikapi adanya pasar tumpah dan pedagang kuliner musiman hingga tepi jalan raya, pengurus Karang Taruna Malangbong bekerja sama dengan Muspika Kecamatan Malangbong untuk mengelar bazar Ramadhan. Lokasi gelaran bazar ini ditetapkan di kawasan Alun-alun Malangbong.

Berbagai persiapan katanya tengah disiapkan jajaran pengurus Karang Taruna Desa Malangbong. Seperti memetakan posisi Alun-alun, serta membenahi areal Alun-alun Malangnong.


Menurut salah sorang pengurus karang taruna Malangbong, Hadro, biasanya para pedagang kaki lima menempati jalur jalan raya Wado-Malangbong.

“Nah bila para pedagang kuliner ini tidak diatur dan dialihkan sementara ke Alun alun, maka sudah dapat dibayangkan jalanan raya akan semrawut,” kata Hadro.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Desa Malangbong, mengatakan selain bazar Ramdhan. Di Alun alun Malangbong nantinya akan digelar berbagai kegiatan, seperti aneka permainan keluarga khususnya buat anak anak, pentas dai cilik, seni Islami dan yang lainnya.

“Ada juga lomba parade Bedug, serta kegiatan bernuansa religi lainnya,” ujarnya.

Sekretaris Kecamatan Malangbong, Asep Ajun Wahyudin menyambut baik rencana digelarnya bazar Ramadhan yang dimotori oleh karang taruna tersebut. Bahkan ia pun sudah berkordinasi dengan Camat dan Kapolsek Malangbong.

“Tentu kami mengapresiasi kegiatan ini, kami juga akan memberikan piala untuk hadiah lomba memukul bedug. Kepada masyarakat umum disilahkan untuk memberikan sumbangsihnya guna sukseskan gelar Bazar Ramadhan ini,” kata Asep Ajun.

Sementara ditempat terpisah, Kapolsek Malangbong, AKP Suhartono, mengatakan pada prinsipnya Ia setuju gelaran Bazar Ramdhan di Alun alun Malangbong. Menurut Kapolsek, selama tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku dipersilahkan.

“Saya meminta panitia disiplin dan tegas.Siapa saja pedagang yang boleh membuka lapak di Alun alun Malangbong selama bulan Ramdhan,” tandasnya. (TAF Senopati)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI