Kapolri Intruksikan Ungkap Penyebab Banjir di Garut

KOTA, (GE).- Polri ingin akar masalah bencana banjir bandang di Kabupaten Garut diusut tuntas. Jika tidak ditemukan akar masalahnya, dikhawatirkan akan terjadi kejadian yang sama.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, bagian pertama yang paling utama melakukan evakuasi. Menolong korban dan membantu warga yang kehilangan tempat tinggal serta trauma.

“Sambil ini jalan, saya minta tim dari polda bekerjasama dengan Pemda dan BNPB mungkin itu mempelajari apa akar masalah banjir bandang ini,” kata Jenderal Pol Tito saat menengok pengungsi di Korem 062 Tarumanagara Kabupaten Garut, Jumat (23/9).


Ia menerangkan, apakah debit air yang melonjak tiba-tiba merupakan fenomena alam biasa atau dampak dari kerusakan lingkungan. Maka harus dicari jalan keluarnya. Baik melalui cara-cara non penegakan hukum atau dengan cara penegakan hukum.

Cara non penegakan hukum, diterangkan dia, misalnya melalui cara penghijauan kembali daerah aliran sungai. Kalau ternyata terjadi ilegal loging, perambahan hutan oleh oknum tertentu sehingga mengakibatkan terjadinya penggundulan hutan maka harus dipelajari penyebabnya.

Ia menegaskan, kalau akar masalahnya tidak selesai, dikhawatirkan akan terjadi lagi hal serupa. “Saya minta bapak kapolda bekerjasama dengan stakeholder lain, untuk mempelajari apa penyebabnya, suapaya ini tidak terulang lagi,” jelas Jenderal Pol Tito. (Hakim AG)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI