Kadisdukcapil Tak Penuhi Panggilan Penyidik Hari Ini, Kapolres : Kita Akan Lakukan Panggilan yang Ke 2

GARUT, (GE).- Dari hasil pemeriksaan dan pengembangan terhadap keterangan saksi dan 11 terperiksa, Tim Saber Pungli Polres Garut pascaoperasi Tangkap Tangan (OTT) yang di lakukan di Dinas Kepepndudukan dan Catatan Sipil, Senin (06/02/2017). Menemui babak baru.

Hari ini tim penyidik dan para perwira menengah Polres Garut, sudah menggelar rapat terbuka, dan berhasil menyimpulkan bahwa Darsani, sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Garut meskipun pada saat OTT, Senin lalu memang tidak ikut dibawa karena sedang mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD.

Berdasarkan hasil keterangan saksi, dan sebelas orang terperiksa menyebutkan, bahwa aliran dana uang hasil pungli kepada pemohon, dari layanan penerbitan akta kelahiran, e-KTP, dan kartu keluarga ditenggarai disetorkan ke Kadis Dukcapil dengan tempo dua hari selama sepekan dengan nilai Rp. 400 – 600 ribu.


” Dari hasil pemeriksaan sementara, menurut saksi dan 11 orang terperiksa, uang hasil pungli mengalir ke Kepala Dinas, namun kita belum bisa menyimpulkan, karena harus menunggu keterangan dari yang bersangkutan,” ujar Kapolres Garut, AKBP Novri Turangga.

Ditambahkannya, hingga saat ini belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pungli di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Pihaknya juga telah melayangkan surat panggilan terhadap Kepala Dinas yang bersangkutan melalui penyidik Unit Tindak Pidana Ekonomi Khusus dan Unit Tindak Pidana Korupsi Polres Garut.

“Belum ada yang ditetapkan, saat ini kami masih melakukan pemeriksaan, rencananya hari ini akan dilakukan pemeriksaan terhadap beliau (Kadisdukcapil). Rencananya Kepala Dinas Kependuduk dan Catatan Sipil, Darsani, akan diperiksa oleh Tim Penyidik hari ini (Rabu/8/2/2017), Namun ternyata Kadisdukcapil urung hadir, untuk itu kepada yang yang bersangkutan akan dilakukan pemanggilan yang kedua.” Tandasnya. (Hakim)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI