Kadin Jabar : Sektor Tataniaga di Garut Perlu Perbaikan

GARUT, (GE).- Kamar dagang dan industri (Kadin) Jawa Barat menilai untuk menstabilkan perekonomian di Kabupaten Garut diperlukan beberapa pembenahan. Misalnya untuk sektor pertanian diperlukan adanya kreativitas dan perbaikan dari sektor tataniaganya.

Demikian diungkapkan Ketua Kamar Dagang dan Industri (kadin) Jabar, Agung Suryamal, hal ini disampaikannya dalam menyikapi tidak stabilnya harga kebutuhan pokok di kabupaten Garut, khususnya dari komoditi produksi sayuran.

“Jangan sampai yang diuntungkan hanya pedagang. Sementara petaninya selalau dalam posisi yang dirugikan. Sehingga diperlukan kreativitas dari petaninya ditengah kurang diminatinya sektor pertanian dari sisi bisnis,  baik oleh investor maupun perbankan,” jelas Agung, Senin (6/02/2017).


Dijelaskannya, untuk mengembangkan bisnis di sektor pertanian perlu adanya dorongan dari pemerintah atau dunia usaha terhadap perbankan. Perbankan juga diharapkan bisa mengucurkan lagi bantuan kreditnya kepada para petani.

“Pemerintah harus mampu mendorong perbankan untuk meningkatkan lagi kucuran bantuan kreditnya. Porsi bantuan kreditnya juga diperbesar. Hal ini tentunya harus didukung pula dengan kemudahan aturan yang diberlakukan perbankan terhadap petani,” tukasnya. (Tim GE)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI