Kades Sukawening Bangun Ruas Jalan Bangkonol

SUKAWENING, (GE).- Berawal dari keprihatinannya akan kondisi jalan yang kurang layak, Ali Agus, SE., yang merupakan Kades Sukawening, akhirnya bisa mewujudkan cita-citanya membangun ruas jalan yang melintasi Kampung Bongkonol. Sebelumnya, untuk melewati Kampung tersebut harus melalui akses jalan darurat.

Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Kades Ali menampung usulan dari masyarakat untuk pembangunan. Salah satunya dari tokoh masyarakat Kampung Bangkonol yang mengusulkan pembangunan jalan baru sebagai akses jalan demi menopang kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya usulan itu dijadikan sekala prioritas kegiatan pembanguan yang dimasukan ke dalam buku Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes). Jenis kegiatan itu akan di follow-up pada Rencana Kerja Pembangunan Desa 2016 (RKPDes tahun 2016).

Pengerjaan rehabilitasi jalan Bongkonol ini telah dilaksanakan, mulai Selasa (12/07/2016). Ditargetkan pembangunan jalan ini selesai pada pada tahun 2018 nanti.

“Pembangunan Jalan Baru Bangkonol itu, target penyelesaiannya pada tahun 2018. Soalnya menunggu dulu pemadatan tanahnya agar tidak labil. Maka dalam pengerjaan tahap pertama, jalan tersebut diawali dengan pembangunan peningkatan Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan limit pelaksanaannya 90 hari kalender. Selanjutnya dilakukan pengerasan. Baru rencana ke depannya akan dibangun dengan pengerjaan redimix,” ujar Ali Agus.

Kades Sukawening itu menuturkan, Jalan baru yang panajangnya 500 m dengan lebar 3 m, benar-benar sangat dinantikan oleh masyarakat Kampung Bangkonol. Pasalnya kampung tersebut merupakan salah-satu kampung di wilayah Desa Sukawening yang dikelilingi oleh pesawahan. Bahkan termasuk kampung darurat jalan. Sehingga tidak ada jalan untuk kendaraan roda empat.

“Kecuali kendaraan roda dua, itupun harus melalui jalan irigasi milik SDAP yang hanya memiliki satu gerbang di lokasi Desa Mekarluyu.” Pungkasnya. (Ilham Amir)***