Kades Pancasura: “Perlahan Tapi Pasti Pembangunan Infrastruktur Mulai Berkembang”

KEBUTUHAN dasar manusia selain dari sandang, pangan juga membutuhkan kebutuhan akan papan. Kebutuhan papan seperti infrastruktur yang memadai juga diperlukan oleh manusia.

Seperti kebutuhan akan papan bagi masyarakat yang ada di Desa Pancasura, dengan jumlah penduduk sekitar 6000 jiwa, Saepuloh selaku kepala desa (kades) sangat memperhatikan akan kebutuhan papan di wilayah kerjanya.

Sekalipun Desa Pancasura termasuk desa yang terpencil dan memilik jalan desa yang cukup panjang apabila dibandingkan dengan desa yang lain. Dengan jarak sekitar 28 Km untuk jalan desa dan 15 Km untuk jalan lingkungan, perlahan tapi pasti pembangunan infrastruktur mulai ada pekembangan dari pembangunan jalan desa sampai penyedia air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas).


Pembangunan jalan desa, baru baru ini, Saepuloh telah membuat jalan baru yang menghubungkan Desa Pancasura dan Desa Cigintung. Dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) 2017, jalan tersebut selesai dibangun dengan jarak jalan sekitar 3 Km.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih, Saepuloh telah menjalankan program pamsimas dengan sumber anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017. Dengan membuat saluran air bersih menggunakan pipa yang menghubungkan dari sumber mata air yang ada dipegunungan kemudian disalurkan langsung ke rumah penduduk. Pamsimas ini telah memenuhi 6 Rukun Warga (RW) akan kebutuhan air bersih dari 8 RW.

Dengan didukung oleh perangkat desa yang sangat kompak, program ini bisa dilaksanakan dan berjalan dengan baik.

“Terimakasih kepada Ian Ahmad Yani selaku sekdes (sekretaris desa) juga kepada perangkat desa yang lain, serta masyarakat Desa Pancasura yang telah mendukung, sehingga program ini bisa berjalan dengan baik,” tutur Saepuloh. (Dedi Sofwan)***

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI