Kabupaten Garut Konsentrasi Kembangkan Kawasan Industri, Lima Kecamatan Ini Jadi Bidikan

PEMDA, (GE).-  Lima kecamatan di wilayah Utara Kabupaten Garut dipastikan akan menjadi kawasan industri. Demikian, Bupati Garut, Rudi Gunawan, usai kunjungan BAPPEDA Prov. Jawa Barat, Selasa (3/5).

Menurut Bupati, kelima kecamatan tersebut dipastikan akan menjadi kawasan industri berdasarkan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) Provinsi Jawa Barat yang kini masih dalam pembahasan. Kelima kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Leles, Limbangan, Cibatu, Selaawi dan Malangbong.

“Dalam pembahasan RT/RW Jawa Barat, kami mendapatkan 10 persen dari jumlah kecamatan di Kabupaten Garut sebagai kawasan industri, semuanya ada 5 kecamatan di Garut utara, yaitu, Leles, Limbangan, Selaawi, Cibatu dan Malangbong,” kata Bupati sepulang mendampingi tim dari BAPEDA Prov. Jabar, kemarin.

Rudi menambahkan, diusulkannya 5 kecamatan tersebut sebagai calon kawasan industri terkait dengan rencana pembangunan jalan tol Cileunyi – Garut – Tasikmalaya (Cigatas). Sehingga akan semakin memudahkan transportasi dalam distribusi hasil industri ke luar.

“Jadi itu daerah sayap tol Cigatas setelah dibangun nanti. Ini sangat menguntungkan dalam hal transportasi. Produk produk yang dihasilkan dari daerah tersebut akan lebih memudahkan dalam pengangkutan, karena dekat dengan akses jalan tol,” kata Bupati.

Dikaitkan dengan masalah Industri Kulit Sukaregang, Bupati menyebutkan, untuk pendirian pabrik baru akan diarahkan ke utara. “Untuk kawasan industri kulit Sukaregang kita akan selesaikan masalahnya, karena ini memang penting untuk segera diselesaikan. Tapi kita tidak akan mengeluarkan ijin baru di Sukaregang lagi,” ungkapnya. (Slamet Timur)***