Kabid SMP Disdik Garut Instruksikan Kepala Sekolah Agar Selenggarakan Tata Kelola BOS yang Baik

CARINGIN, (GE).- Kepala Bidang SMP Disdik Garut, Totong, S.Pd.,M.Si menekankan pentingnya tata kelola BOS dan pemeliharaan sarana prasarana pendidikan yang baik pada pengelolaan sekolah dengan memperhatikan petunjuk pelaksanaannya.

Hal itu disampaikan Totong pada road show pembinaan Kepala SMP se-Kabupaten Garut yang pelaksanaanya diawali di wilayah Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Rayon 7 dan 8 meliputi 10 kecamatan Garut selatan di Gedung PGRI Cisewu Desa Purbayani Kecamatan Caringin, Selasa (18/12).

Pengelolaan dana BOS yang baik, papar Totong tentunya diawali dengan penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) yang baik pula dengan melibatkan unsur terkait.

“Ini penting sesuai Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan” tandasnya.

Pada gilirannya, kata pejabat yang tidak lama lagi akan dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut itu, akan memberikan arah yang jelas pada pengembangan lembaga dengan mempertimbangkan sumberdaya yang dimiliki sekolah menuju terpenuhinya Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Dikatakan Totong, hal yang tidak kalah penting dalam pengelolaan lembaga pendidikan yang berkualitas adalah setiap sekolah wajib melakukan pemeliharaan sarana prasarana pendidikan dengan baik.

“Agar semua fasilitas tersebut dapat memberikan kontribusi yang berarti pada jalannya proses pendidikan, hendaknya dikelola dengan dengan baik pula,” pungkasnya.

Sebelumnya di tempat yang sama, pembinaan kepala sekolah yang dihadiri Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Garut, Drs. Yusup Satria Gautama, S.Pd itu diawali Sosialisasi pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019 oleh Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Dr. Asep Saepul Hidayat.

Selanjutnya kegiatan yang sama dilakukan di setiap rayon SMP lainnya di wilayah Kabupaten Garut, sesuai jadwal, yakni rayon 1 sampai 6 hingga berakhir tanggal 20 Desember 2018. (Roy)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI