Jumlah Lulusan Sekolah tak Seimbang, Tingkat Pengangguran di Garut Tinggi

GARUT,(GE).- Tidak seimbangnya jumlah kelulusan sekolah dengan angka serapan kerja dikabupaten Garut menjadi salah satu pemenyebab tingginya jumlah pencari kerja dan angka pengangguran setiap tahunnya.

“Hingga akhir 2017 saja jumlah pengangguran di Garut mencapai 65.700 orang. Sementara untuk angka pencari kerja yang terdaftar di institusi kami sebanyak 23 ribu orang, padahal pada tahun 2016 lalu hanya sekitar 19 ribu an orang. Artinya jumlah serapan kerja sangat tidak sebanding dengan jumlah kelulusan sekolah pertahunnya,” kata Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabuptan Garut,Tedi RD, Kamis (18/1/2018).

Disebutkan Tedi, untuk tenaga yang sudah terserap di tahun 2017 hingga awal 2018 ini baru sekitar 7.500 orang yang tersebar di sejumlah perusahaan yang baru berdiri berskala bersar.


“Angka pengangguran setiap tahunnya tidak bisa berkurang hanya saja bisa diminimalisir dengan adanya perusahaan baru. Untuk menyerap tenaga kerja lokal Garut maka diperlukan investor lebih banyak lagi,” katanya.

Diungkapkannya, dari hasil pendataan, jumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Garut saat ini ada sekitar 717 perusahaan asing dan lokal. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI