Jika tak Ingin Terjebak Macet Saat Berlibur ke Garut Hindari Jalur Ini

MAPOLRES, (GE).- Jelang libur hari raya Idul Adha 1437 Hijriyah, jajaran Polres Garut menggelar apel kesiagaan. Beberapa ruas jalan rawan kemacetan menjadi perhatian utama. Untuk mengatisipasinya Polres Garut telah membuat sejumlah rencana jika kemacetan terjadi.

Kapolres Garut, AKBP arif Budiman mengatakan jika di libur lebaran Idul Adha tahun 2016 ini diprediksi arus lalulintas akan mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Bahkan ia menyebutkan jika analisa awal, arus mudik dan balik di musim lebaran Idul Adha ini akan menyerupai musim lebaran Idul Fitri beberapa waktu ke belakang.

“Kepadatan arus sendiri diprediksi akan dimulai mulain Jumat (8/9/2016) sehingga tentu kita harus siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat pengguna jalan. Kita siagakan anggota kita yang berjumlah 1400 orang untuk terlibat mengatur arus lalulintas di titik-titik simpul kemacetan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Satuan Lalulintas Polres Garut, AKP M Ardi Wibowo mengatakan jika titik macet di Garut masih berada di seputaran jalur Limbangan-Malangbong dan Kadungora-Leles. Ia mengaku akan melakukan penebalan anggota lalulintas di jalur tersebut agar jika saat terjadi kepadatan bisa melakukan penguraian dengan cepat.

“Jadi memang titik-titik rawan kepadatan arus untuk Garut sama saja dengan yang sebelum-sebelumnya dengan permasalahan yang sama, mulai adanya aktifitas pasar, pelambatan dan penyempitan jalur. Nanti kita akan memberlakukan sistem one way untuk melakukan penguraian arus dan penutupan jalur hingga pengalihan juga jika diharuskan akan dilakukan,” ucapnya, Kamis (8/9/2016).

Dengan diprediksi kemungkinan adanya peningkatan arus ini, Ardi berharap agar masyarakat bisa memahami jika pada suatu waktu pihaknya melakukan pemenggalan arus dan lainnya. Dengan begitu maka masyarakat sudah ikut berkontribusi dalam menjaga ketertiban dan kenyamanan arus untuk bersama. (Farhan SN)***