Jika Nagreg Padat, Cijapati Jalur Alternatif Saat Musim Mudik

NAGREG, (GE).- Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat, Eddy Gunawan menyebutkan jika jalur alternatif Cijapati yang menghubungkan Bandung-Garut berpotensi bisa digunakan saat arus mudik. Namun penggunaan jalur tersebut dilakukan jika jalur Nagreg padat.

“Ruas jalur Cijapati bisa digunakan. Tadi sudah saya tinjau dari Majalaya sampai Kadungora. Ada beberapa catatan dari jalur ini,” ucap Eddy usai melintas perlintasan kereta api Bangbayang, Jalan Cijapati, Desa Karangmulya, Kecamatan Kadungora, Selasa (28/6/2016).

Eddy mencacat, ada beberapa hal mesti diperhatikan di jalur ini, diantaranya penerangan jalan umum (PJU) yang masih minim. Selain itu rambu-rambu peringatan terutama di sekitar kilometer tujuh sampai sembilan juga masih kurang.

“Di wilayah itu juga rawan kecelakaan. Ini kan jalur provinsi. Jadi dinas terkait di provinsi segera ambil langkah-langkah untuk penanganannya,” katanya.

Ditambahkannya, saat melintas jalur Cijapati setiap pengendara harus meningkatkan kewaspadaan. Kontur jalan yang berkelok, turunan tajam dan tanjakan curam cukup berbahaya bagi pengendara yang belum terbiasa melintas kawasan ini.

“Ya, jalan ini (Cijapati/ red) banyak tikungan tajam jadi harus ekstra hati-hati. Bahan bakar juga harus penuh soalnya tidak ada pom bensin di sepanjang jalur Cijapati ini,” tukasnya. (Tim GE)***