Jembatan Swiss Ikut Jadi Korban Amukan Sungai Cimanuk Garut

KARANGPAWITAN, (GE).- Tak hanya mengakibatkan bencana diwilayah perkotaan, amukan deras air Sungai Cimanukpun menyapu bersih puluhan rumah penduduk dan 1 unit jembatan Swiss di Kecamatan karangpawitan, Selasa (20/9/2016).

Tercatat, sebanyak 17 rumah warga di Kampung Cijambe Desa Sindanglaya mengalami rusak berat, bahkan 2 unit rumah lainya lenyap disapu gelombang.

Disamping itu, 1 unit Jembatan yang merupakan akses vital penghubung aktifitas warga di 2 Kecamatan, roboh. Jembatan yang dibangun pada tahun 2011 lalu dari bantuan pemerintahan Swiss itupun, kini hanya menyisakan tiang tiang pancangnya saja. Sementara seluruh badan jembatan sepanjang 60 x 1,5m tersebut hilang tanpa bekas.


“Semalam situasinya panik. Jeritan histeris warga dan suara hantaman gelombang begitu ketir abah dengar. Kejadianya sekitar pukul setengah 12 malam” Kata bah Iding saksi dilokasi kejadian.

Akibat bencana ini, kini sejumlah warga terpaksa harus merelakan harta bendanya ludes terseret arus. Menurut Camat Karangpawitan Rena Sudrajat, pihaknya masih menghimpun jumlah korban secara keseluruhan. Namun, camat memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

” Belum dapat dipastikan kerugian materi yang diderita warga. Kita masih himpun datanya. Namun saya pastikan bahwa tidak terdapat korban jiwa.

Sejak dari malam kita muspika langsung bereaksi menuju lokasi bersama seluruh pihak terkait dan juga Kades Sindanglaya, Nina Marlina. Kejadian ini menimbulkan duka mendalam buat kita semua. Situasinya masih siaga darurat, saya himbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dalam beberapa hari kedepan.

Nanti, perihal jumlah kerugian warga, jika sudah didapat data otentik, kita akan laporkan kepada Bupati melalui Diskominpo dan BPBD. Sedangkan untuk penanganan kesehatan warga pasca musibah ini, saya sudah kordinasikan dengan pihak Puskesmas yang kebetulan juga sudah siap di lokasi” Tegasnya.(DONI DSN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI