Jelang Tahun Baru 2017 Harga Cabai Jablay Meroket Hingga 100%

GARUT, (GE).- Tahun Baru 2017 kurang dari dua pekan segera tiba, sejumlah komoditi sayuran serta kebutuhan pokok di pasar Ciawitali, Kabupaten Garut, harganya relatif normal. Namun, salah satu komoditi sayuran, yakni cabai rawit jablay malah hargaya melonjak hingga 100%.

Saat harga normal, pedagang biasa menjual pada kisarab Rp 30 ribu/ kilo, kini menjelang tahun baru dibanderol dengan harga Rp 60 ribu per kilogramnya. Lonjakan harga sayuran bercita rasa pedas ini diketahui saat Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagpas) Garut, melakukan inspeksi mendadak, di Pasar Guntur Ciawitalim Garut, Kamis (22/12/2016).

” Sejumlah komoditas sayuran harganya relatif normal, hanya saja pada cabai rawit jablay yang harganya naik hingga 100%,” ucap Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Dani Ramdhani, Kamis (22/12/2016).


Dikatakannya, sepekan menjelang tahun baru, memang sejumlah komoditi ada yang mengalami peningkatan seperti daging ayam, sayuran dan kebutuhan lainnya. Namun saat ini sudah kembali normal.

” Penyebab naiknya cabai rawit jablay, dipicu sulitnya pasokan dari para petani yang biasa memasok ke pasar Ciawitali Garut,” jelasnya.

Salah seorang pedagang sayuran, H. Oping, yang berjualan di Blok E Pasar Ciawitali, membenarkan dengan stabilnya harga komoditi sayuran. Hanya saja dalam dua hari kebelakangan, peningkatan terjadi pada jenis cabai keriting jablay.

” Ya, kenaikan terjadi pada cabai keriting jablay, soalnya pasokan dari para petani saat ini sudah mengalami kesulitan,” tukasnya. (Memphis)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI