Jelang Pilkada Garut, KPU Sebut Lima Balon Independen Sudah Mendaftar

GARUT, (GE).- Menjelang perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Garut mendatang (2018) beberapa bakal calon dari jalur independen (perseorangan) mulai muncuk ke permukaan. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi, sudah ada lima tim perwakilan bakal calon perseorangan yang mengambil persyaratan untuk pendaftaran untuk ikut serta dalam Pilkada Garut.

“Ya, sudah ada lima (perwakilan) dari bakal calon (balon) perseorangan yang datang ke KPU meminta informasi dan persyaratan apa saja yang harus ditempuh,” kata Hilwan saat acara Koordinasi Pengawasan Partisipatif Pilkada Garut dan Gubernur/Wakil Gubernur, Sabtu (25/11/17).

Dijelaskannya, tim sukses yang datang ke KPU Garut tersebut meminta persyaratan berupa ‘username’ dan ‘pasword’ untuk memasukan data dukungan calon perseorangan secara online. Persyaratan itu, merupakan langkah pertama bagi bakal calon perseorangan yang mendaftarkan diri maju pada Pilkada.


“Jadi nanti bakal calon diwajibkan meng-upload data ke sistem informasi calon (silon) dengan cara online, nanti sama KPU diperiksa kembali,” katanya.

Menurutnya, selain secara online, bakal calon perseorangan juga diwajibkan menyerahkan bukti dukungan berupa kartu tanda penduduk (KTP) secara fisik ke KPU. Selanjutnya diverifikasi oleh KPU Garut. Sementara itu, KPU Garut terlebih dahulu akan menanyakan jumlah dukungan yang harus sesuai dengan ketentuan, yakni sebanyak 117.346 dukungan.

“Bakal calon yang akan menyerahkan dukungan harus sesuai ketentuan, jika kurang kami tidak bisa terima. Kami bisa terima kalau sudah memenuhi syarat minimum,” katanya.

Hilwan menambahkan, seluruh berkas yang diterima KPU Garut tersebut selanjutnya akan diverifikasi data dukungannya dengan mendatangi langsung masyarakat di setiap desa.

“Nanti dicek dukungannya, apakah betul atau tidak, kalau sudah selesai nanti masuk ke proses administrasi lainnya yaitu pendaftaran bulan Januari 2018,” jelasnya. (Tim GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI