Jelang Idul Adha 1439 H, Pemkab Garut Siapkan Petugas Khusus Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

ilustrasi.

GARUT,(GE).– Menjelang tibanya Idul Qurban, atau Idul Adha 1439 H, secara khusus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut telah menyiapkan tim khusus pemeriksa hewan. Tim khusus tersebut akan bertugas memeriksa kesehatan hewan kurban untuk memastikan hewan yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat.

“Pengawasan akan kita lakukan di seluruh kecamatan, khususnya terkait kesehatan hewan yang akan dikurbankan,” kata Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakanla)  Kabupaten Garut, Indriana, Jumat (03/08/2018).

Sementara itu, Pemkab (Garut) sendiri, menurut Indriana, sudah mempersiapkan kebutuhan hewan kurban untuk masyarakat, sekaligus menjamin kesehatan hewan yang akan dikurbankan.


“Kami juga menyiapkan seribu kalung sehat yang akan dipasangkan pada hewan kurban,” katanya.

Dijelaskannya, selain pemasangan kalung, pihaknya juga akan memberikan bimbingan teknis kepada masyarakat. Bimbingan tekhnis itu akan memberikan materi bagaimana tata cara yang baik dalam penyembelihan termasuk saat pembagian daging hewan kurban.

” Petugas akan menyebar ke sejumlah titik lokasi penyembelihan. Hal ini dilakukan untuk memeriksa kondisi daging kurban setelah proses penyembelihan selesai. Pemeriksaan biasanya erat kaitannya dengan pengecekan organ visceral dan parasit cacing hati dan lain-lain,” katanya.

Ditambahkannya, masyarakat yang hendak membeli hewan kurban khususnya jenis sapi agar selalu memperhatikan kondisi kesehatan hewan serta fisiknya. Dihimbau, masyarakat harus memperhatikan usia hewan ternak yang akan dibeli sudah dalam kondisi layak untuk dikurbankan sesuai ketentuan syariat Islam. (Tim GE)***

Editor: ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI