Jawara di Ajang O2SN, Akbar Bertekad Jadi Karateka Dunia

MENOREHKAN prestasi terbaiknya di  Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Malangbong, karateka cilik ini memendam cita-cita untuk bisa menggapai pentas dunia. Adalah Akbar Husain Dinneja siswa kelas 5 di SDN Sukaratu 02, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa barat.

Dalam ajang O2SN tahun ini (2017) Akbar menjadi juara pertama dengan menyisihkan sejumlah atlit karate lainnya. Menurut Kepala  Kepala SD Negeri Sukaratu 02 Malangbong Cecep Ulum Bahtiar, sebelumnya sudah dprediksi akan meraih prestasi terbaiknya.

“Pada cabang olah raga (Cabor/red.) Karate  tahun ini  bagi Akbar Husain Dinneja memang sudah diprediksi oleh sesamai pesaingnya. Karena memang anak ini (Akbar) sudah teruji dalam beberapa kali perlombaan sebelumnya, ” katanya, Senin, (27/03/2017).


Diungkapkannya, Akbar sebelumnya pernah ikut serta dalam ajang  Kapolres Cup  2016 kategori usia 9 tahun, dan menjadi juara. Namun ia mengaku bukan berarti lawan-lawannya tidak seimbang.

“Sebagai atlit yang terbiasa mengikuti kejuaraan kalah dan menang sudah biasa. Ia sendiri tidak menganggap remeh setiap event . Mental juara tampaknya sudah tertanam pada diri Akbar,” tandasnya.

Diejlaskannya, pengalaman bertanding yang cukup membuat anak ini lebih bisa diandalkan, karena telah tertanam mental juara. Sementara itu, saat ditemui di rumahnya, di kawasan Kampung Kaum Kaler Lewo, Kecamatan Malangbong, Akbar tampak bangga memperlihatkan sederet piala dan medali yang pernah diraihnya.

Saat ini Akbar tercatat  sebagai pemilik  sabuk coklat kyu 2  siswa di Institut  Karatedo Nasional (Inkanas). Prestasi yang diraih Akbar ini memang berkat keseriusannya berlatih di Dojo Lewo.

Selain pandai mengatur waktu, memamfaatkan waktu untuk berlatih, disiplin dan memiliki target. Karateka cilik ini juga memang mendapatkan gemblengan langsung dari ayahandanya, Muhammad Asep Saefulloh. Ayah Akbar sendiri merupakan seorang juri/ wasit Jawa barat.

“Kebetulan Akbar anak saya, dan berlatih karate pada dojo yang saya pimpin juga. Bakat Akbar  memang sudah tampak sejak masih usia TK,” katanya.

Sementara itu, Akbar sendiri, saat ditanya cita-cita nanti, dengan tersipu Akbar ingin menjadi masinis kereta api. Selain itu katanya ini menjadi juara dunia karate juga. “Saya ini jadi sopir, eh masinis kereta api. Dan ingin jadi juara dunia karate juga,” tuturnya, seraya tersipu. (TAF Senopati/ GE ) ***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI