Jawa Barat Jadi Kawasan Swasembada Pangan

BANDUNG, (GE).- Provinsi Jawa Barat berpeluang menjadi salah satu daerah swasembada pangan di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Mentri Pertanian RI, Ir. Andi Amran Sulaeman, Mp, saat hadir dalam acara panen dan tanam padi bertempat di Kp. Simpang Tengah Ds. Sekarwangi Kec. Soreang Kab. Bandung Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, hadir pula, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar, Pangdam III / Siliwangi Mayjen TNI M Herindra, Staf khusus KASAD Brigjen TNI Apipudin, Para Danrem jajaran Kodam III Siliwangi, Para Dandim jajaran Kodam III Siliwangi, Bupati Bandung, Walikota Banjar, Wakil Bupati Purwakarta, Kepala Badan Pertanian, Kepala Dinas Lingkup Pertanian Provinsi Jabar, Kepala Badan Pertahanan Pangan Provinsi Jabar, dan Kepala dinas pertanian se Jawa barat. Kegiatan tersebut juga dihadiri sekira 650 orang tamu undangan.

Mentri Pertanian RI, Prof. Dr. Ir. H. Amran Sulaeman, menyampaikan Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang mendapatkan perhatian dari pmerintah pusat. Pasalnya, untuk saat ini Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang bisa terlepas dari ketergantungan terhadap impor beras.


Mentan berjanji akan meningkatkan anggaran untuk pertanian di Jawa Barat. Ia menyebutkan, jika di Tahun 2014 silam anggaran pertanian Jawa Barat hanya Rp 1,4 Triliun tahun ini naik menjadi Rp 2,5 Triliun.

“Saya sangat optimis Jawa Barat bisa menjadi daerah swasembada pangan di Indonesia, Bahkan bisa merangsang daerah lain untuk meniru apa yang telah dilakukan Jawa Barat,” ujarnya, Sabtu (21/1/2017).

Mentan menandaskan, Indonesia sangat perlu untuk meningkatkan swasembada protein bukan daging. Pasalnya konsumsi protein di Indonesia cukup tinggi. Oleh sebab itu, Mentan mengapresiasi terhadap langkah TNI yang telah membantu meningkatkan swasembada pangan di Jawa Barat.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mizwar, berjanji akan terus meningkatkan swasembada pangan di Jawa Barat. Saat ini dirinya sedang fokus membangun sarana infrastruktur di pedesaan sebagai pendukung swasembada pangan.

“Saya berharap Kepala Desa di Jawa Barat bisa menterjemahkan misi pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait pembangunan sarana di pedesaan. Saluran irigasi dan jalan pedesaan yang rusak harus segera diperbaiki,” harapnya.

Selain itu, kata Dedi, peran serta TNI dalam menciptakan swasembada pangan sangan besar. Oleh sebab itu, dirinya sangat mengapresiasi atas kinerja TNI yang telah berkontribusi membantu terciptanya swasembada pangan di Jawa Barat.

Pangdam III / Siliwangi, Mayjen TNI Muhamad Herindra, MA, M.Sc, mengatakan TNI dan ketahanan pangan sangat berhubungan untuk terus ditingkatkan. Oleh sebab itu saya intruksikan kepada para Dandim agar menjaga kesinambungan dan memberikan dukungan penuh agar tercipta swasembada pangan di Indonesia.

Di penghujung kegiatan, dilakukan penandatanganan pernyataan kesanggupan penyediaan luas tanam tanah oleh Dandim 0609 Kabupaten Bandung, Kadis pertanian Kabupaten Bandung, Dandim 0608 Purwakarta, Kadis Pertanian Purwakarta, Dandim 0612 Subang dan Kadis Pertanian Subang. Setelah itu dilanjutkan dengan dialog bersama para petani. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI