Jalur Mudik Lintas Garut Minim PJU

GARUT, (GE).- Hati-hati jika Anda mudik atau balik menggunakan akses jalan di Garut. Pasalnya, di sepanjang jalur yang akan dilalui pemudik minim penerangan.

Penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik jalur alternatif mudik di Kabupaten Garut masih minim. Sejumlah PJU yang sudah terpasang pun banyak yang mengalami kerusakan.

Sejumlah jalur alternatif mudik mulai dari Limbangan-Malangbong, Jalan Banyuresmi-Limbangan, Garut-Cibatu, dan Cilawu-Singaparna masih minim PJU. Para pengendara yang akan melintas jalan tersebut pada malam hari harus sangat ekstra waspada. Pasalnya rawan kecelakaan.

Selain minim PJU, kontur Jalan Banyuresmi-Limbangan juga bergelombang sehingga bisa membahayakan pengendara. Jalan tersebut biasanya digunakan jika arus dari Nagreg menuju Limbangan sudah mengalami kemacetan.

Kepala UPTD PJU Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP), Aa Abdul Latif mengakui jika PJU yang ada di Kabupaten Garut banyak yang rusak. Dari sekitar 7.000 PJU yang sudah terpasang, hanya 65 persen yang berfungsi normal.

“Sisanya rusak karena berbagai hal. Kebanyakan karena tegangannya tidak stabil. Tapi mulai hari ini (kemarin) kami terus lakukan perbaikan. Apalagi yang berada di jalur mudik,” ujar Aa di Kantor DLHKP, Selasa (21/6/2016).

Menjelang arus mudik, lanjut Aa, pihaknya melakukan pemeliharaan sejumlah PJU. Mulai dari wilayah Banyuresmi, Cilawu dan wilayah selatan.

“Memang di Banyuresmi, Cilawu dan wilayah selatan itu masih kurang PJUnya. Ada sekitar 30 persen yang belum terpasang PJU,” katanya.

Di tahun ini, Aa menyebut akan dilakukan penambahan 800 titik PJU. Pemasangannya akan diutamakan di jalur rawan dan jalur alternatif. Anggaran yang disediakan untuk penambahan PJU itu mencapai Rp 500 juta.

“Kami juga kekurangan kendaraan dan personil. Sedangkan wilayah jangkauannya luas. Saat ini hanya ada satu kendaraan itu juga sudah rusak. Nanti di anggaran perubahan sudah diajukan penambahan kendaraan,” ujarnya.

Mudah-mudahan kata, Aa, saat arus mudik dan balik lebaran PJU yang diperbaiki akan terus bertambah. Sehingga sedikit membantu penerangan para pengguna jalan. Farhan SN***