Jadi Kawasan Strategis Pariwisata Jabar, Rancabuaya Mulai Berbenah

Pemerintah Kabupaten Garut menyatakan kawasan wisata Rancabuaya, Kecamatan Caringin, selatan Garut masuk program rencana strategis pariwisata dan pusat kegiatan wilayah yang dipromosikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar).
“Rancabuaya dan sekitarnya masuk pada program Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat, yakni kawasan strategisnya PKWP (pariwisata dan pusat kegiatan wilayah yang dipromosikan),” kata Sekretaris Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Garut, Luna Aviantrini kepada wartawan, Senin.
Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Garut tentu mendukung program strategis Pemerintah Provinsi Jabar itu karena akan memberikan dampak positif pada berbagai sektor pembangunan di daerah itu.
“Kabupaten Garut mendukung program PKWP pada sektor itu dengan dilaksanakannya penataan di kawasan lintas Jabar selatan,” katanya.
Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Jabar memberlakukan aturan larangan pembangunan yang menghadap ke laut karena akan menghalangi keindahan alam.
Selain itu, lanjut dia, insfrastruktur di daerah itu mendapatkan perhatian serius yang ditangani langsung oleh Dinas Binamarga Provinsi Jabar.
“Untuk prasarana lainnya akan dilakukan pembangunan terminal, dan juga masjid akan dibangun oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” katanya.
Kawasan Rancabuaya itu terdapat objek wisata pantai Rancabuaya, kemudian objek wisata pantai lainnya, serta wisata Puncak Guha Kelelawar.

Rancabuaya merupakan daerah ujung Kabupaten Garut yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur. Akses jalan menuju Rancabuaya cukup mudah dengan kondisi jalan yang bagus lintas Jabar Selatan yang dapat ditempuh sekitar empat jam dari kota Garut. Farhan SN***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN