Irvan R Faza Ingatkan Pentingnya Ekonomi Umat Berbasis Syari’ah

Irvan R Faza,disela acara Sosialisasi Ekonomi Keumatan Berbasis Syari’ah, di gedung MUI Garut, Sabtu (6/5/17)/ Foto: Useu G Ramdani/GE

GARUT, (GE).- Puluhan orang dari berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat dan beberapa pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Garut, mengikuti sosialisasi tentang ekonomi keumatan berbasis sayri’ah.  Dalam acara yang digelar di gedung MUI Garut ini, Irvar R Faza yang merupakan pengusaha sekaligus tokoh muda Kabupaten Garut mejadi pemateri utama.

Selain memberikan materi, Irvan mengisahakan pengalaman dirinya sebagai pengusaha yang berhasil menerapkan sistem ekonomi berbasis syari’ah. Hingga saat ini Irvan masih eksis menerapkan sistem ekonomi syari’ah dalam pengelolaan usahanya.

“Tujuan sosialisasi ini tiada lain untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menjalankan usahanya sesuai dengan suariat Islam, khususnya di Kabupaten Garut,” ucap Irvan, di hadapan sejumlah juru warta, Sabtu (6/5/17).

Irvan R. Faza, saat menyampaikan materinya di aula gedung MUI Garut, Sabtu (6/5/2017)/ Foto: Useu G Ramdani/GE.

Dalam kesempatan ini, Irvan mengingatkan akan pentingnya ekonmi berbasis syari’ah. Menurutnya, selama ini banyak masyarakat yang menjalankan usaha, baik usaha skala kecil, menengah ataupun skala besar. Namun sangat disayangkan dalam pengelolaannya jauh dari nilai-nilai syari’ah Islam.

“Jika konsep Islami tidak diterapkan dalam mengelola usaha, maka dalam usaha tersebut akan timbul niat-niat yang kurang baik. Misalnya,  ingin mendapatkan untung besar dengan cara menipu orang lain,” paparnya.

Dengan pengalaman dan ilmu yang dimilikinya, Irvan berharap masyarakat Garut bisa menerapkan sistem ekonomi syari’ah dalam pengelolaan usahanya.  Menurutnya, di Garut sendiri sebenarnya sangat banyak potensi yang bisa dikembangkan dengan cara syari’ah.

“Untuk mendongkrak perekonomian masyarakat, sebenarnya bisa memanfaatkan tekhonolgi yang ada saat ini. Seperti sistem trading online (perdagangan online/red.) dalam memasarkan produk yang kita miliki. Insya Allah, dengan sistem ini  pengelolaan usaha kita akan semakin mudah,” jelasnya.

Ditegaskannya, jika masyarakat Garut ingin mencoba menjalankan usaha dengan sistem trading online, dirinya siap membantu dan memberikan pelatihan. (Useu G Ramdani/Adv.)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI