Inspiratif, “Komunitas Ngejah” Raih Penghargaan dari Gubernur

Gubernur Jawa Barat, H.Ahmad Heryawan saat memberikan penghargaan kepada salah seorang relawan Komunitas Ngejah di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Rabu (16/8/2017)***

BERTEMPAT di Aula Barat Gedung Sate Rabu (16/8/2017), Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan, secara simbolis memberikan apresiasi kepada 70 orang/lembaga teladan dan berprestasi. Penghargaan tersebut diberikan kepada seluruh profesi dan unsur masyarakat yang telah berjasa dalam pembangunan di Provinsi Jawa Barat.

Salah satu yang menerima penghargaan keteladanan tersebut adalah “Komunitas Ngejah” sebuah komunitas pecinta buku yang berasal dari Kabupaten Garut. Komunitas Ngejah dihadiahi penghargaan untuk kategori “Juara 1 Pengelola Taman Bacaan Masyarakat.”

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Roni Nuroni, salah seorang relawan Komunitas Ngejah yang juga seorang guru honorer disalah satu SMK.


Dalam sambutannya Gubernur Jabar menyampaikan, bahwa masyarakat itu butuh ruang, butuh perpustakaan sebagai wahana menambah wawasan, pengetahuan. “Di zaman sekarang masyarakat harus rajin membaca, dan itu salah satunya bisa dilakukan di Taman Bacaan Masyarakat,” ungkap Gubernur yang kerap disapa Kang Aher ini.

Sementara itu, usai dianugrahi penghargaan oleh Gubernur Jabar, Roni menyampaikanrasa syukurnya atas apresiasi dari pemerintahan Provinis Jawa Barat tersebut. “ Alhamdullilah, Komunitas Ngejah bisa meraih penghargaaan ini. Yang kami lakukan ini sebagai bentuk ikhtiar mengghidupkan denyut jantung kampung halaman dengan gerakan literasi,salah satunya adalah dengan melakukan Gerakan Kampung Membaca dan pembangunan Pojok Baca,” ungkapnya.

Dikatakannya, sampai tahun 2017 Komunitas Ngejah sedikitnya sudah melakukan 68 kali gerakan kampung membaca dan 27 pojok baca yang sudah dibangun.

“Gerakan Kampung Membaca dilakukan dengan cara menjemput bola. Datang ke kampung-kampung dengan para relawan dengan membawa serta buku serta mengajak masyarakat untuk membudayakan membaca, dengan membaca bersama,” tandasnya.

Diharapkannya, apa yang sudah diraih Komunitas Ngejah bisa menjadi inspirasi bagi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang lain dan mendapat perhatian serta dukungan yang lebih optimal dari semua pihak, khususnya Pemkab Garut. (Dedi Sofwan)***

Editor: Kang Cep.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI