Inilah Lima Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

AIR KELAPA adalah minuman menyegarkan yang membantu anda dalam menjaga tubuh terhidrasi dan tetap segar. Anda dapat menikmati minuman dingin dari air kelapa terutama di musim panas. Ada banyak manfaat yang terkait dengan minuman tropis alami ini. Hal ini dibuktikan dengan dikonsumsi di seluruh dunia dan dapat digunakan secara langsung atau dicampur dengan minuman lain. Air kelapa memiliki nutrisi dan keseimbangan elektrolit yang sama seperti darah.

Selama kehamilan, penting bagi seorang wanita untuk memasukkan makanan dan minuman sehat dan bergizi dalam diet sehari-hari. Mengkonsumsi Air kelapa selama kehamilan membantu dalam menjaga kesehatan ibu dan janin. Dalam tradisi yang telah berlangsung dibeberapa daerah secara turun temurun mempercayai kandungan air kelapa yang mempunyai manfaat untuk ibu hamil khususnya air kelapa hijau.

Apakah benar bahwa pendapat yang menyatakan bahwa ibu hamil yang rajin mengkonsumsi air kelapa terutama pada trimester ketiga kehamilan cairan ketuban akan menjadi lebih bersih dan bayi yang lahir nantinya akan memiliki kulit bersih, rambut lebat dan mata yang indah.

Pada kenyataannya, air dari kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang berbeda dari air yang terdapat pada buah lainnya. Air kelapa muda terbukti sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil. Zat yang terkandung di dalamnya secara tidak langsung akan menciptakan kesehatan bayi setelah lahir hal ini memang banyak beredar di masyarakat meskipun belum ada penelitian yang menghubungkan air kelapa muda dan ibu hamil. Akan tetapi ternyata adanya kandungan zat di air kelapa muda yang dapat membantu anda menjaga kesehatan selama kehamilan. Adapun lima manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil diantaranya :

1. Adanya Kandungan Elektrolit Alami

Air kelapa muda adalah cairan yang kaya akan kandungan kalsium, kalium, elektrolit, klorida, magnesium, riboflavin, dan juga sodium. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit cair yang sama dengan kandungan cairan di dalam tubuh, tentu saja, air kelapa sangat berguna untuk menghindari dehidrasi dan sangat cepat untuk memulihkan stamina. Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain yang berada dalam keadaan normal. Dehidrasi selama kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan diantaranya sakit kepala, edema, kram, bahkan dapat mengurangi kontraksi yang mengakibatkan persalinan prematur.

2. Memiliki Diuretik alami

Air kelapa juga berfungsi sebagai diuretik alami yang steril, air kelapa muda terbukti memperlancar proses pembuangan urin dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini tentu saja diyakini mengeluarkan zat racun atau racun yang dihasilkan tubuh dan mencegah infeksi pada saluran kemih yang umum terjadi pada ibu hamil.

3. Sebagai Anti Penyakit

Air kelapa muda mengandung senyawa asam laurat, sejenis asam yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat yang cukup melimpah dalam air kelapa sama dengan yang ditemukan dalam ASI dan memiliki kesamaan karakteristik sebagai antijamur, antibakteri dan antivirus, sehingga akan selalu menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus berbahaya seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia bahkan dapat menghindari bakteri dan klamidia heliokobater.

4. Membantu Pencernaan Selama Kehamilan

Air kelapa juga terbukti meningkatkan fungsi pencernaan orang dewasa maupun anak-anak. Selama kehamilan, plasenta akan menghasilkan jenis hormon yang disebut progesteron, yang dapat memperlambat lambung sehingga pencernaan kontraksi otot melambat. Dan air kelapa terbukti membantu meningkatkan kecepatan proses pencernaan.

5. Dapat Meningkatkan HDL

Air kelapa muda tidak mengandung sedikit lemak dan kolesterol, bahkan menurut penelitian dan penelitian para ilmuwan, air kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik/ High Density Lipoprotein (HDL) dalam tubuh. (GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN