Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

SELAIN nikmat dengan aroma wangi nan eksotis, kopi juga ternyata memiliki sejumlah kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh. Bahkan, diklaim menjadi salah satu fighter sejati untuk melawan kanker. Apakah benar?

Ekstrak biji tanaman kopi inilah yang diolah menjadi bubuk kopi yang sering kita nikmati. Kopi biasanya menjadi teman dikala memulai kegiatan di pagi hari. Minuman berwarna hitam pekat ini menyuguhkan cita rasa yang unik, tidak heran banyak orang yang memfavoritkannya. Di Indonesia sendiri banyak tanaman kopi di daerah-daerah tertentu, termasuk di Kabupaten Garut.

Beberapa ahli mengungkap, ada sejumlah nutrisi pada kopi, diantaranya, Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG), Asam Pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG, Mangan dan Kalium: 3% dari AKG. Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.

Kenikmatan secangkir banyak orang yang mengaguminya. Dibalik nikmatnya secangkir kopi ini ternyata menyimpan beragam manfaat. Berikut manfaat kopi diantaranya ;

1. Meningkatkan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat. Sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

2. Mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun hingga 25%.

3. Kopi menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

4. Mengurangi resiko diabetes

Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

5. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

6. Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

7. Meningkatkan Mood

Tak sedikit orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu, kopi juga dapat memberikan efek korelasi pada ‘kebahagiaan.’

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kopi kerap digunakan sebagai media perawatan kecantikan. Inilah beberapa manfaatnya.

8. Kopi untuk masker wajah

Manfaat kopi banyak digunakan untuk pembuatan masker wajah pada salon-salon kecantikan. Kegunaannya menjadikan kulit kencang dan mengangkat sel kulit mati. Kopi dapat digunakan sebagai krim anti mikroba untuk pembersih wajah

9. Perawatan kulit kepala

Menurut penelitian, kandungan kafein pada kopi menjadikannya sebagai anti kerontokan. Antioksidan disini yang berperan aktif untuk menjaga kulit kepala.

10. Menyegarkan kulit tubuh

Manfaat kopi memaksimalkan pelepasan sel-sel kulit mati yang berdampak pada peremajaan kulit, sehingga kulit tampak selalu sehat dan bercahaya. Cukup gunakan scrub berbahan kopi untuk perawatan kulit secara teratur.

11. Kegunaan kopi untuk pedicure dan manicure

Aromaterapik bubuk kopi membantu membersihkan sikut hitam dan tumit kakai yang retak. Selain itu kopi ternyata juga dapat digunakan untuk meningkatkan kekencangan kulit tubuh serta untuk membantu menjaga penuaan dini.

12. Ampas kopi sangat baik untuk mengencangkan wajah

Banyak yang telah merasakan bagaimana ampas kopi memiliki peran penting bagi kecantikan. Cukup membuat ampas kopi sebagai masker, maka dapat menambah kekencangan kulit hingga menjadikannya lebih mudah terawat.

Selain manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tersebut, kopi juga dipercaya dapat membantu mengatasi dan menjadi solusi berbagai keluhan, seperti, menghilangkan stress dan depresi, teman santai dan kerja terbaik, kopi memberikan efek suasana ‘liburan’ dengan aroma khasnya yan berefek menenangkan.

Dengan seabreg manfaat diatas, bukan berarti minum kopi tidak beresiko. Jika dikonsumsi berlebih kopi bisa berdampak negatif juga bagi kesehatan. Para ahli menganjurkan, minum kopi yang sehat itu, maksimal 2 cangkir dalam sehat.

Berikut beberapa efek samping kopi yang wajib kitaa waspadai. Diantaranya, Menyebabkan sulit tidur, efek kafein pada kopi bisa menimbulkan jantung berdebar lebih kencang.
Tidak cocok anda konsumsi sebelum atau sesudah olahraga, karena dapat berbahaya, tidak cocok dikonsumsi ibu hamil secara berlebihan. Dilarang untuk penderita asam lambung, dilarang untuk penderita darah tinggi, dilarang untuk penderita radang usus.

Tips Mengkonsumsi Kopi yang Sehat:

Minum maksimal 2 gelas 1 hari, hindari minum di malam hari, usahakan tidak lebih dari jam 4 sore. Jangan konsumsi kopi bersamaan dengan durian, Jangan konsumsi kopi dengan gula berlebih. Usahakan kopi diminum kurang dari 3 jam setelah dibuat. (GE/ berbagai sumber)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN