Ini Dia Manfaat Petai untuk Kesehatan Kita

BUAH petai, pete atau orang Sunda bilang “peuteuy” mungkin banyak sekali yang membenci buah yang satu ini karena baunya. Namun petai ini juga tak sedikit penggemarnya, bagi penyuka petai buah ini bisa dibilang “yang bau yang dirindu”

Mengapa petai memiliki bau yang khas?

Bau yang ditimbulkan petai merupakan kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji petai yang mengandung unsur sulfur. Kandungan inilah yang membuat biji petai menghasilkan bau yang sangat menyengat dan tidak sedap. Di Amerika, petai termasuk salah satu jenis makanan yang baunya dikatakan paling buruk.

Namun, Allah SWT Maha Adil. Meskipun petai banyak dijauhi dan dihindari oleh banyak orang karena baunya yang tidak sedap, namun petai ternyata memiliki kandungan gizi cukup tinggi, serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kelebihan dari petai bagi kesehatan tubuh :

1.   Meredakan depresi

Kelebihan pertama dari petai adalah, manfaat pete mampu meredakan depresi yang terjadi pada seseorang. Ternyata, kandungan zat tryptophan yang terkandung dalam petai merupakan faktor yang menyebabkan redanya depresi pada seseorang. Berikut ini adalah efek dari tryptophan yang terkandung pada petai : Membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dapat memperbaiki mood dan kondisi emosi seseorang.

2.  Dapat mengatasi gangguan PMS

PMS (Pre Menstrual Syndrome) biasanya dapat membuat seorang wanita dengan cepat berubah mood dan kondisi emosinya. Dengan mengkonsumsi petai ini, maka akan membantu menstabilkan mood. Hal ini merupakan efek dari tryptophan. Selain itu, pete juga mengandung manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 yang dapat mengatur kadar gula darah, dan juga dapat membantu memperbaiki mood seseorang.

3.   Mencegah terjadinya anemia

Biji atau buah petai sendiri ternyata sanggup mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Hal ini disebabkan oleh kandungan manfaat zat besi tinggi yang terkandung dalam buah pete ini. Anemia sendiri dapat berakibat : 5 L (letih, lemah, lesu, lunglai, lemas) Tubuh terasa tidak bertenaga. Mudah terserang penyakit ringan, Mudah pusing dan mual-mual. Tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal. Insya Allah, dengan mengkonsumsi petai, beberapa gejala diatas dapat dicegah dan tidak akan muncul pada diri anda.

4.   Menurunkan tekanan darah tinggi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa buah petai dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi sendiri dapat disebabkan oleh banyak faktor, yang dapat berakibat : Mudah marah dan cepat marah, meningkatkan resiko terserang penyakit kronis, seperti jantung serta mudah lelah.

Konsumsi petai dapat membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi yang diderita, dan dapat mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan oleh hipertensi.

5.   Meningkatkan kemampuan kognitif

Bagaimana ceritanya buah atau biji petai ini dapa meningkatkan kemampuan kognitif? Ternyata buah petai ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Kemampuan kognitif tersebut meliputi banyak hal, antara lain : Kemampuan mengingat,
Kemampuan, melakukan rekognisi pola kemampuan dalam mempersepsikan melalui indera.

Penelitian di Inggris menguatkan hal ini, dimana para siswa yang mengkonsumsi petai pada saat sarapan hingga makan siang, dapat mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah.

6.   Mengjilangkan rasa sesak karena kekenyangan

Manfaat petai saat dikonsumsi, memiliki efek yang dinamakan efek antasida. Efek ini dapat membantu anda dalam mengurangi rasa begah dan sesak pada bagian dada yang disebabkan oleh kekenyangan atau terlalu banyak makan. Petai ini dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit tersebut.

7.   Menghilangkan gatal karena gigitan nyamuk

Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, bagian kulit petai pun ternyata memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini adalah dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Berikut ini cara mengurangi dan menghilangkan rasa gatal dengan menggunakan kulit petai : Ambil bagian dalam dari kulit petai
gosok-gosokan bagian dalam kulit petai tersebut pada daerah kulit yang gatal karena digigit nyamuk.

8.   Mencegah terjadinya kegemukan

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat mengikat lemak, manfaat petai juga dapat mencegah kegemukan dengan cara lain. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa faktor yang menyebabkan kegemukan adalah faktor stress, depresi dan tekanan. Dengan mengkonsumsi petai, dapat mengurangi faktor resiko tersebut, sehingga akan terhindar dari kegemukan.

9.   Baik untuk kesehatan lambung

Buah atau biji petai ini ternyata sangat bersahabat dengan lambung manusia. Meskipun dimakan secara mentah, buah ini tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lambung. Malahan buah atau biji petai ini sangat baik bagi lambung, karena: Dapat menetralisir asam lambung, mengurangi iritasi dan luka pada bagian lambung serta mencegah terjadinya infeksi pada lambung.

10. Dapat menurunkan suhu tubuh

Manfaat petai dipercaya sebagai buah atau biji yang dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Buah atau biji petai ini dikenal dengan istilah buah dingin, yang akan menurunkan suhu tubuh.

11. Mencegah serangan stroke

Salah satu penelitian yang diungkapkan oleh The New England Journal of Medicine, dikatakan bahwa mengkonsumsi petai dapat membantu untuk mengurangi resiko terjadi serangan stroke pada seseorang.

12. Membantu menghentikan kebiasaan merokok

Anda ingin mencoba berhenti dari kebiasaan merokok? Ternyata kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium yang terkandung di dalam manfaat pete ini dapat membantu dalam menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh.

13. Mengandung antioksidan

Buah atau biji petai ini juga merupakan salah satu yang memiliki manfaat antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dapat membantu : Meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, mencegah tubuh terjangkit berbagai macam penyakit.

14. Vitamin C yang tinggi

Petai mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi, walaupun memang tidak setinggi jenis buah-buahan asam, seperti manfaat jeruk dan manfaat apel. Namun demikian kandungan vitamin C yang terkandung pada petai dapat membantu tubuh mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari vitamin C : Menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah terjadinya berbagai macam penyakit, mencegah sariawan, gusi berdarah dan infeksi.

15. Kaya Kandungann vitamin A

Ternyata si hijau ini juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan tubuh. Kira – kira 100 gr biji atau buah petai dapat mengandung kurang lebih 299 IU Vitamin A. Manfaat vitamin A sendiri sangatlah penting bagi tubuh, yang berguna untuk : Menjaga kesehatan mata, mencegah terjadinya gangguan pada mata.

Manfaat Pete untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan
Buah atau biji petai ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Kandungan serat yang sangat tinggi ini tentu saja akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya gangguan-gangguan pencernaan yang anda alami. Gangguan gangguan pencernaan yang sering dialami antara lain : Sembelit, diare, sulit buang air besar atau kecil, Nyeri perut serta begah.

Jadi, tak ada salahnya jika kita “merindu pada si bau.” (GE)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN