Ingin Daftar PPK/PPS? Ini Syaratnya

Rakor Persiapan Pembentukan PPK dan PPS Pilkada Serentak 2018, di Fave Hotel Garut, Jumat (6/10/2017).

GARUT, (GE).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut memiliki waktu sebulan untuk membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan/desa dalam persiapan Pilkada Serentak 2018 mendatang. Terhitung mulai tanggal 12 Oktober 2017 hingga 11 November 2017.

Hal tersebut mengemuka dalam Rakor Persiapan Pembentukan PPK dan PPS Pilkada Serentak 2018, di Fave Hotel Garut, Jumat (6/10/2017). Rakor diikuti para camat se-Kab. Garut, perwakilan partai politik, dan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Garut Hilwan Fanaqi membeberkan berbagai hal terkait agenda kegiatan pembentukan PPK dan PPS. Diantaranya mengenai persyaratan anggota PPK dan PPS.


Merujuk UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Hilwan menjelaskan persayaratan untuk menjadi anggota PPK dan PPS. Diantaranya berusia paling rendah 17 tahun; berpendidikan paling rendah SMA/sederajat; tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pemyataan yang sah atau sekurang-kurangnya dalam waktu 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan; berdomisili dalam wilayah kerja PPK/PPS; mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika; tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

Mengenai persyaratan belum pernah dua kali periode dalam keanggotaan PPK/PPS, Hilwan memaparkan menggunakan formula berdasarkan surat edaran dari KPU Republik Indonesia. Dua kali periode dimaksud yaitu periode I rentang tahun 2005-2009 dan periode II rentang tahun 2010-2014.

Selain di Kantor KPU Garut, Hilwan menandaskan KPU Garut akan membuka pendaftaran PPK/PPS di beberapa kantor kecamatan dengan menempatkan staf KPU Garut. Rencananya yakni Kantor Kecamatan Bl. Limbangan, Wanaraja, Bayongbong, Cikajang, Bungbulang, dan Pameungpeuk.

“Karenanya kami mengundang Bapak dan Ibu Camat pada acara ini, guna menyukseskan tahapan pembentukan PPK dan PPS di Kabupaten Garut,” tuturnya. (Firman)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI