Ikuti Skate Asia 2018, Siswi SMAN 1 Garut Ini Bersiap Terbang ke Thailand

Nabila Rifqi Rabbani (Abil), atlit Ice Skating siswi SMAN 1 Garut.***

GARUT, (GE).- Olahraga ice skating bagi masyarakat Kabupaten Garut mungkin mungkunga kurang begitu familiar, selain fasilitasnya tidak ada. Tak heran olah raga ini minim peminat.

Namun tidak demikian dengan Nabila Rifqi Rabbani, gadis berparas manis putri pasangan Diar Cahdiar dan Ny. Ida Rahay ini justeru telah lama menekuni olahraga ini. Bahkan olahraga ice skating telah ditekuninya sejak ia duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar.

Bupati Garut, Rudy Gunawan saat memberikan penghargaan secara simbolis kepada Nabila Rifqi Rabbani, sebagai atlit ice skating berprestasi, baru-baru ini.***

Dalam satu kesempatan berbincang-bincang dengan ayahnya – Diar Cahdiar, tidak menyangka bila Abil, panggilan akrabnya, begitu menyukai olah raga yang relatif berisiko ini.


“Waktu itu, putri sepupunya sering mengajak Abil untuk ikut nonton latihan di Paris Van Java (PVJ), jalan Setiabudi Bandung. Si Abil hanya nonton saja, sesekali ikutan bermain dengan dibimbing sepupu saya”, ujar Diar, yang juga menjabat Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Garut, di ruang kerjanya, Rabu (1/8/2018).

Diskisahkannya, lama kelamaan Abil malah asyik dengan ice skating. Kemudian dengan setengah memaksa orang tuanya, Ia akhirnya ikut bermain dengan sepupu seusianya setiap Sabtu sore, usai sekolah.

Singkat cerita, pihak owner PVJ ternyata melihat bakat terpendam dalam diri Abil. Owner PVJ menyarankan agar mengikuti latihan rutin. Akhirnya, setiap sabtu Abil dengan diantarkan orang tuanya dilatih secara serius oleh Risa, sang pelatih.

“Dalam jangka lima minggu, Risa pun melatih Abil secara intensif. Hasilnya, Abil pun untuk yang pertama kali meraih Juara Tingkat Basic di arena Bandung ISI OPEN 2013 tingkat ASEAN dengan menyabet tiga medali sekaligus dalam tiga kelas; Artistic Basic (medali emas), Technical Basic (perak), dan Game (perunggu),” ungkap Diar.

Setahun kemudian (2014) gadis imut berzodiak Aries ini mengikuti perhelatan yang sama di level Asia dalam Bandung ISI Open 2013, dan meraih medali perak dan perunggu. Tahun 2015, di tingkat Asia, Abil meraih medali perak dan perunggu di ajang Bintaro X Rink IISO 2015. Tahun 2016, tidak tanggung-tanggung Abil mengikuti dua event besar.

Kemudian di Malaysia, Abil meraih dua medali perak, sedangkan di TAFISA World (olahraga masyarakat se-dunia) di Jakarta juga meraih dua medali perak. Namun tahun 2017 Abil istirahat di event internasional, karena saat itu arena di PVJ sedang direnovasi, maka latihan pun diistirahatkan. Berbagai prestasi ini pun telah menghiasi ruang Galeri Prestasi di SMAN 1 Garut.

Tahun ini, gadis kelahiran Bandung, 2 April 2001, yang kini duduk di kelas XII di SMAN 1 Garut, Sabtu, 4 Agustus 2018, akan terbang menuju Bangkok, Thailand untuk mengikuti Skate Asia 2018.

“Doakan saya biar saya bisa mengharumkan nama Garut, sekolah, dan Indonesia tentunya”, ujar Abil didampingi sang ayah. (humas)***

Editor:ER.

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI