Ih Serem ! Demi Dapatkan Harta, Empat Orang Ini Jalani Ritual Menggali Kuburan

TAROGONG, (GE).- Empat orang warga Bandung dibekuk jajaran Polsek Tarogong Garut, usai membongkar kuburan tanpa izin di pemakaman Cijolang, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut Jawa Barat. Mereka melakukan perbuatan menyeramkan itu setelah menerima wangsit ada harta karun di area pemakaman.

Kapolsek Tarogong Kaler, Ipda Hilman Nugraha, mengatakan keempat warga Majalaya itu melakukan penggalian di tempat pemakaman umum Cijolang, Desa Rancabango. Dari keterangan para penggali, aktivitas tersebut dilakukan untuk mencari harta karun.

“Mereka sudah 10 hari di Cijolang itu. Izinnya ke juru kunci makam mau ikut wirid. Ternyata mereka malah melakukan penggalian,” ujar Hilman, Minggu (18/92016).

Keempat penggali yang diamankan, lanjut Hilman, berinisial AS (42) warga Solokan Jeruk, AD (50), RS (77), dan AK (21) warga Kertasari. Dari keterangan mereka, penggalian tersebut diperintahkan oleh seseorang bernama Abdul Hakim, warga Cilawu, Garut.

“Katanya mau cari harta karun setelah mendapat wangsit yang menyuruhnya itu. Harta karun bung Karno kata mereka,” ucapnya.

Menurut Hilman, pihaknya tak mempercayai begitu saja keterangan keempat penggali itu. Apalagi aktivitas mereka sangat mengganggu warga yang lain.

“Hari Kamis kemarin ada warga yang mau dimakamkan. Jelas sangat mengganggu. Apalagi mereka tak punya izin,” ucapnya.

Selain mengganggu tanah pemakaman, tambah Hilman, pihakna juga khawatir terjadi longsor akibat aktivitas mereka. Hingga 10 hari penggalian, tak ada satu pun harta yang ditemukan.

“Kami juga masih menunggu saudara Abdul Hakim untuk keterangan lebih jelasnya. Soalnya dia yang menyuruh keempat warga itu,” ucapnya. (Farhan SN)***