Idul Adha Sehari Lagi, Harga Bawang dan Cabai Meroket Hingga 300 %

CIAWITALI,(GE).- Jelang hari raya idul adha 1437 H (2016) sejumlah harga komoditi beberapa sayuran di Pasar Guntur Ciawitali, Garut, Jawa Barat, terpantau mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Bahkan, beberapa jenis sayuran melonjak harganya hingga beberapa kali lipat. Misalnya, bawang merah dan cabai-cabaian per kilogramnya mengalami kenaikan hingga 300 % .

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Garut, Wawan Nurdin, saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Guntur Ciawitali menemukan penyebab kenaikan sejumlah komoditi sayuran. Untuk komoditi sayuran seperti bawang dan cabai cabaian. Kenaikan hargaya disebabkan di tingkat petani yang diakibatkan serangan hama dan cuaca buruk yang akhrinya menurunkan jumlah pasokan ke pasaran.

“Hal tersebut berdampak terhadap panen petani menjadi berkurang. Sehingga pasokan bawang dan cabai ke pasar tradisional mengalami penurunan.” Kata Wawan.

Dikatakannya, harga cabai merah yang tadinya hanya Rp 15.000,-, saat ini hareganya mencapai Rp 45.000,- per kilogramnnya. Harga cabai kriting sebelumnya Rp 11.000 per kilogram, jelang Idul Adha ini dibanderol Rp 50.000 per kilogramnya.

Menyikapi kenaikan harga sejumlah komoditi sayuna ini, Disperindag berjanji akan segera berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Garut untuk menanggulangi serangan hama sayuran. Selain komoditi sayuran, harga sejumlah produk sembako di Pasar Guntur Ciawitali Garut relatif stabil. (Hakim AG)***