HUT TNI ke 72, TNI Tumbuh Berkembang dan Berjuang Bersama Rakyat

Defile pasukan TNI AD melintas di jalan utama Garut kota dalam peringatan HUT TNI ke 71,Kamis (05/10/17). /foto: Fauzani/ 'GE'.***

GARUT, (GE).- Tahun ini, tepat pada tanggal 5 Oktober 2017 Tentara Nasional Indonesia (TNI) genap berusia 72 tahun. Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke 72 kali ini, untuk lingkup Kabupaten Garut prosessi peringatan dipusatkan di lapangan Alun-alun Garut.

Selain diikuti sejumlah anggota TNI, HUT TNI ini juga diikuti beberapa elemen lainnya mulai dari Polri, PNS, ormas, mahasiswa dan pelajar. Peringatan HUT TNI ke 72 dibuka dengan drama kolosal yang dibawakan sejumlah anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0611 Garut, Kamis (05/10/17).

Para anggota pramuk saat membawakan drama kolosal sempat membuat haru hadirin. Pasalanya, dalam drama kolosal tersebut digambarkan bagaimana pahit getirnya perjuangan TNI zaman dahulu hingga menjadi besar seperti sekarang.


Sementara yang menjadi Komandan Upacara yaitu Kapten Inf. Ahun, yang merupakan komandan kormail (Danramil) Kadungora. Upacara tepat dimulai pada pukul 09.30 WIB, diawali dengan melakukan pengecekan peserta upacara dan pemberian penghargaan bagi TNI yang berprestasi. Dilanjutkan dengan parade dan defile pasukan.

Letkol Eden sebagai inspektur upacara membacakan amanat panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo denganTema Peringatan HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah “TNI tumbuh berkembang dan berjuang bersama rakyat.” Kandungan dari tema tersebut merupakan gambaran kesejatian TNI yang tidak boleh pudar ditengah-tengah arus globalisasi.

“Arus gelobalisasi  terus bergerak secara dinamis, kesejatian TNI tersebut harus terus ditumbuh kembangkan dan diselaraskan dengan pola pikir kehudupan masyarakat yang terus semakin modern. Sehingga kecintaan akan terus terbangun. Karena bersama rakyat TNI kuat dan menjaga serta melindungi negara kesatuan Republik Indonesia,” ujar Letkol Eden.

Sementara itu, Komandan Detasemen Mahasiswa (Menwa) Garut, Aditya Amanda Kosasih, menegaskan, bahwa TNI akan selalu menjadi garda terdepan dalam melindungi rakyat.

“Ya, TNI itu akan menjadi garda terdepan dalam melindungi rakyat. Kita (Menwa/red.) selalu bekerja sama dengan TNI dalam hal bela negara,” tandasnya. (Fauziani) ***

Editor: Kang Cep.

 

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI