Hj. Siti Mufattahah Sosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

“Saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan serius berupa beban ganda penyakit.” Perubahan gaya hidup masyarakat di tengarai menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakait (transisi epidemiologi) dalam 30 tahun terakhir.  Penyebab kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), Tuberculosis (TBC), dan diare.

Namun sejak 2010 penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, dan kencing manis memiliki profosi lebih besar di pelayanan kesehatan.  Pergeseran pola penyakit ini mengakibatkan beban pada pembiayaan kesehatan, ” demikian di sampaikan oleh Kepala Sub Bidang Fasilitasi Pengembangan SDM Kesehatan pada Badan PPSDM Kesehatan, Welly Vitriawan, S.Kep.,M. Kep, pada kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat  Hidup Sehat (GERMAS) di GOR Sukapura Dadaha, Kota Tasikmalaya, Minggu (16/7/ 2017).


“Sumber daya yang di butuhkan untuk mengobati PTM selain membutuhkan biaya tinggi juga membutuhkan waktu yang panjang,” ujarnya.

Sementara itu politisi Partai Demokrat,  Hj.  Siti Mufattahah,  P. Si. M. B. A,  yang merupakan anggota DPR RI dari komisi IX dapil Jabar XI (Kabupaten Garut, Kabupaten- Kota Tasikmalaya), dalam acara ini juga tampil sebagai narasumber utama.

Kegiatan yang diawali dengan makan buah bersama, senam bersama dilanjutkan dialog interaktif  bersama Hj.  Siti Mufattahah. Selain itu hadir juga  Plt. Sekda Kota Tasikmalaya Drs.Ivan Dicksan Hasannudin, M. Si., Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Uus Sukmara,  SKM,  M. Epid dan direktur Poltekkes Kemenkes, Tasikmalaya Hj. Betty Suprapty Skp. M. Kes.

Dalam acara ini juga dipandu oleh Kepala Unit Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Dr. Hj. Atit Tajmiati. AM. keb. S. Kep.NS.Mpd.

Dalam pemaparan materinya, Hj. Siti Muffattahah mengajak agar masyarakat membudayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan ke arah yang lebih sehat. Karena itu, katanya GERMAS menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat.

“Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran,  kamauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaannya dimulai dari keluarga,  karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian,” paparnya.

Dijelaskannya, Program Germas meliputi kegiatan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban secara benar.

Dipenghujung acara, kegiatan sosialisasi ini ditandai dengan penandatnganan komitmen mendukung gerakan masyarakat hidup sehat oleh semua peserta diawali oleh Hj. Siti Mufattahah. (TAF Senopati/Adv.)  ***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI