Hj. Siti Mufattahah : Pancasila Bagian dari Sendi Kehidupan

CILAWU, (GE).-  Pancasila sebagai dasar falsafah Negara Republik Indonesia harus menjadi acuan setiap warga negara. Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, DPC Fagar Cilawu mendatangkan Nara sumber yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Garut yaitu Hj. Siti Mufattahah PSi, MBA Anggota DPR /MPR RI dari Partai Demokrat Komisi IX.

Menurut, Ketua Yayasan setia Bhakti Cilawu Budi Isnaeni Hj.Siti Mufattahah sangat konsen dengan tugasnya sebagai wakil Rakyat terutama daerah pemilihan Jawa Barat XI. Ia juga mengapresiasi pada senator senayan ini karena dikenal sangat dekat  dengan  berbagai lapisan masyarakat. Diahir sambutannya ia menyampaikan terimakasih atas kedatangan Hj.Siti Mufattahah ke Garut terutama ke Yaebha untuk kali keduanya.

Menanggapi permasalahan yang berkembang dewasa ini teruatama dengan menurunnya pemahaman masyarakat terhadap pengertian dan pengamalan Pansacila, Hj.Siti Mufattahah menuturkan sebenarnya Pancasila adalah bagian dari  sendi kehidupan yang sangat pundamental. Pancasila yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Empat Pilar Kebagsaan itu,  harus benar-benar diamalkan oleh seluruh warga masyarakat.


“Empat pilar kebangsaan sebagai penyangga kehidupan berbangsa dan  bernegara  meliputi, (1) Pancasila, (2) Undang-Undang Dasar 1945, (3) Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ,(4) Bhineka Tunggal Ika harus benar benar dipahami dan diamalkan sampai ke pelosok,” ujarnya di sela-sela menjawab pertanyaan dari peserta seminar.

Dijelaskannya, pemahaman mengenai Pancasila pada masyarakat dipengaruhi banyak hal, misalnya menurunnya sosialisasi nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat, pendidikan masyarakat, sikap apatisme, berkembangnya hedonisme dan materalisme,  merupakan faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat meninggalkan nilai-nilai luhur Pancasila.  Masyarakat adalah kumpulan individu yang terdiri dari berbagai kepribadian yang berbeda-beda, jadi pahaman masyarakat mengenai Pancasila juga berbeda-beda.

Dalam hal ini pemerintah memiliki peran yang sangat penting untuk membantu masyarakat dalam memahami Pancasila. tak terkecuali dirinya sebagai wakil rakyat berkewajiban pula mensosialisasikannya pada Masyarakat. Akunya. (TAF Senopati)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI