Hj. Siti Mufatahah Bantu Gulirkan Program TKM

GARUT, (GE).- Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia meluncurkan program Tenaga Kerja Mandiri. Bantuan Program yang diusung oleh Anggota DPR RI Komisi IX dari Praksi Partai Demokrat ini digelar di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Garut.

Program ini, diselenggarakan di empat kecamatan yaitu, Malangbong, Sucinaraja, Tarogong Kidul dan Banyuresmi. Anggota DPR RI Komisi IX dari Praksi Partai Demokrat, Hj.Siti Mufattahah yang hadir dalam kegiatan tersebut memberikan pembekalan bagi para peserta. Secara marathon sejak pukul 08.00 Wib ia memberikan pembekalan di Kecamatan Malangbong, Sucinaraja, Tarogong Kidul dan berakhir di Kecamatan Banyuresmi.

Dikatakan Hj.Siti Mufattahah, pelaku tenaga kerja muda mandiri diharapkan dapat bersaing di era wirausaha yang sudah berkembang untuk menerobos pasar moderen. Melalui kegiatan pembekalan ini diharapkan peserta bisa mengaplikasikannya di lapangan.

Kegiatan pembekalan tenaga kerja mandiri ini, kata Siti, didatangkan dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans). Sementara para peserta adalah orang-orang pilihan terbaik yang ada di Desanya masing-masing. Ia berharap, kedepannya para pelaku usaha pemula dapat lebih berkembang dibawah pembinaan dari nara sumber.

“Apalagi kedepannya masyarakat Indonesia serta masyarakat pelaku usaha khususnya di Kabupaten Garut akan berhadapan dengan pasar global masyarakat ekonomi asean. Tentunya pelaku usaha adalah mereka yang mempunyai sumber daya manusia yang terampil serta professional dibidangnya,” katanya, saat ditemui usai memberikan pembekalan kepada para peserta, Jumat (29/4/2016).

Sementara itu, Kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Garut, Hj.Elka Nurhakimah, menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk menciptakan wirausaha muda mandiri. Karena khusunya di Kabupaten Garut itu, lapangan kerja sangat terbatas. Dengan adanya program TKM dari Kemenakertrans diharapkan dapat mengurangi pengangguran.

Salah seorang peserta asal Desa Mekarasih Asep Koswara, mengaku senang dapat menerima bantuan program dari Hj. Siti Mufattahah. Program ini sangat membantu khususnya bagi para pemuda yang ada di daerahnya. (TAF Senopati)***