Hitung Cepat Versi RGHB, Rudy-Helmi Unggul di Pilkada Garut

GARUT, (GE).- Tim gabungan Rudy Gunawan-Helmi Budiman (RGHB), mengklaim telah memenangkan Pilkada Garut 2018. RGHB unggul 36,8 % sedangkan di urutan kedua diikuti pasangan nomor urut 2, Iman Alirahman-Dedi Hasan Bachtiar sebanyak 32,40 %,
Sedangkan untuk pasangan calon nomor 3, ada di angka 11,10 persen dan pasangan calon nomor urut 4, meraih19,70 persen.

Ketua Divisi IT dan Riset tim gabungan RGHB, Erwin Hamdani, menjelaskan, hasil penghitungan cepat tersebut dihitung langsung di 400 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Garut. Metode yang digunakan adalah “systematic random sampling” dan secara logika tidak mungkin dikejar pasangan nomor urut dua mengingat tingkat margin error-nya yang sangat kecil.

“Data yang masuk sudah hampir 100 persen. Kami yakin kalaupun ada terjadi perubahan, hal itu tidak akan merubah kemenangan nomor urut 1,” kata Erwin.


Masih menurut Erwin, pasangan calon nomor urut 1 ini unggul mutlak di daerah pemilihan (dapil) satu yang meliputi Kecamatan Karangpawitan, Garut Kota, Wanaraja, Cilawu, Sucinaraja, Karangtengah, Pangatikan, Sukawening) dan dapil lima (Banyuresmi, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Samarang, dan Pasirwangi). Sedangkan di dapil lain, perolehan suaranya cukup rata.

Sementara itu, calon bupati petahana, Rudy Gunawan mengaku hal itu baru hasil penghitungan cepat versi timnya sedangkan untuk pastinya masih harus menunggu hasil penghitungan di KPU Garut.

“Ini baru berdasarkan hasil penghitungan cerpat tim RGHB akan tetapi saya dan Pak Helmi optimis dengan keakuratan data yang kami miliki. Yang mempunyai kekuatan hukum tentunya dari pleno KPU dan kami berkeyakinan menang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Rudy pun mengimbau kepada para pendukungnya untuk tidak merayakannya secara euphoria apalagi melakukan hal-hal yang dianggapnya tak perlu. Kemenangan ini menurutnya cukup dirayakan dengan cara disyukuri apalagi masih belum ada kepastian dari KPU. (Farhan SN)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI