Himadikmatika IPI Garut Kemas Mapel Matematika jadi Lebih Asyik

Sejumlah pelajar saat mengikuti Olimpiade Matematika se-Jawa Barat, di Kampus IPI Garut, Minggu (21/01/2018).

GARUT, (GE).- Himadikmatika (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika) – Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut baru-baru ini telah menggelar DELTA S (Olimpiade,  LCT dan Seminar Matematika) Tingkat Jawa Barat di IPI Garut, Minggu, (14/1/2018).  Gelaran kegiatan tersebut merupakan program kerja Himadikmatika yang diadakan rutin tiap tahun.

Untuk tahun ini,  panitia mengangkat tema “ Generasi ASIK (Aktif, Sportif, Inovatif, dan Kreatif) Matematika”.

“Hal ini dimaksudkan agar para siswa tidak lagi berpandangan bahwa mata pelajaran (mapel) matematika itu rumit.  Dengan adanya olimpiade seperti ini justru lebih asyik,” ujar Rika Rosalina, salah seorang tim dalam acara tersebut.


Rika menambahkan, salat satu tujuan dari kegiatan tersebut selain  menjalin silaturahmi antara mahasiswa dengan guru pembimbing dan siswa, jiga diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri bagi siswa maupun tenaga pendidik.

“Juga meningkatkan jiwa sportivitas pada diri siswa, serta dapat menjadi sarana promosi dan daya tarik matematika khususnya kepada siswa SMA sederajat di bidang pendidikan,” katanya.

Dalam rangkaiaan kegiatan DELTA S, panitia membagi dua sesi. Pertama, Olimpiade Matematika tingkat SMP dan SMA/Sederajat se-Jawa Barat. Dalam tahap penyisishannya digelar di empat regional diantaranya; IPI Garut,  SMK PGRI Bungbulang,  MAN 1 Tasikmalaya, dan SMK PGRI Cicalengka – Bandung pada Minggu (14/1/2018) .

Sebanyak 98 panitia dikerahkan untuk membantu kegiatan tersebut. Mereka bekerjasama untuk mengkoordinir tiap wilayah yang dijadikan sebagai tempat lomba.

Sementara untuk LCT tingkat SD/Sederajat se-Kabupaten Garut dan Seminar Matematika yang diisi oleh dua nara sumber , yaitu Muntaryo, S.Pd.,yang merupakan instruktur Nasional Kurikulum 2013 dan Dian Mardiani. M.PMat., Dosen IPI Garut.  Untuk sesi kedua ini dilakasanakan pada Minggu, (21/1/2018) di IPI Garut.

Di hari yang sama juga dilangsungkan Olimpiade Matematika babak semi final yang lolos dari tahap sebelumnya. Diawali dengan pembukaan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Garut yang diwakili oleh Dr. Asep Saepuloh, M.Pd.

Sementara dari pihak kampus sendiri diwakili oleh Dr. H. Endang Dimyati, M.Pd Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan Ketua Prodi Pendidikan Matematika oleh Diar Veni Rahayu, M.Pd di Gedung G IPI Garut.

Dalam kegiatan tersebut, tampak semua peserta maupun yang terlibat dalam acara antusias. Parade upacara adat yang dipandu oleh Teater SADDO dan PAMMUS IPI Garut, menambah semarak dalam kegiatan ini.

Alhamdulillah kegiatan ini diikuti oleh 428 peserta yang tergabung dalam acara DELTA S Matematika. Harapan saya semoga dengan adanya acara ini dapat bermanfaat kepada semua pihak yang terlibat dan khususnya semua panitia yang yang telah bersedia meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk tetap berproses memberikan prestasi terbaik,” ujar Andi Lesmana yang tak lain ketua Himadikmatika IPI Garut.

Andi merasa bangga, karena peserta dan dukungan juga datang dari luar Garut khususnya Himaptika Unsil dan Unigal. “ Bangga tentunya, dengan adanya dukungan kawan kawan dari Himaptika Unsil dan Unigal. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada semua media partenership dan semua pihak sponsorhip serta organisasi pendukung yang telah ikut andil dalam mensukseskan kegiatan DELTA S tahun 2018 ini,” pungkasnya. (ER)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI