Hebat! Untuk Lunasi Pajak, Desa Situgede Hanya Butuh Waktu Sehari Saja

Kepala Desa Situgede,Dedi Suryadi, S.Pd.I, saat memimpin langsung program lunas pajak dalam satu hari,Senin (18/4/2016)

JIKA di desa lain masih banyak warga yang menunggak pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) lain halnya di Desa Situgede, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di desa ini, pembayaran pajaknya lunas hanya dalam kurun waktu satu hari saja. Kesuksesan ini, tak lepas dari kegesitan pemerintah desa dalam menyosialisasikan kewajiban pajak dan kesadaran masyarakatnya.

Saat menghadiri satu hari lunas pajak, Bupati Garut H. Rudy Gunawan menyampaikan apresiasinya. “Situgede desa juara” kata Bupati dengan penuh semangat.

Rudy Gunawan, menyatakan kebanggannya terhadap kekompakan semua warga wajib pajak Desa Situgede, yang sudah mensukseskan, acara lunas PBB dalam satu hari. Atas capaian tersebut, Rudy, memberikan penghargaan berupa uang kadeudeuh sebesar Rp 50 juta kepada Pemerintah Desa Situgede.

“Penghargaan ini diberikan agar menjadi motivasi bagi desa lainnya agar tepat melakukan pembayaran PBB,” ujarnya, di Desa Situgede, Senin (18/4/2016).

Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat, yang juga hadir di lokasi-pun menyampaikan kebanggaanya atas prestasi yang dicapai Desa Situgede. Menurut Rena, prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah Kecamatan Karangpawitan dan Kabupaten Garut. Nantinya Desa Situgede akan menjadi percontohan bagi desa lainnya.

” Di Kecamatan Karangpawitan sendiri telah diluncurkan beberapa program, agar wajib pajak bersedia melunasi kewajiban pajaknya. Program tersebut diantaranya, Lunas Pajak dengan Jeruk (Lupa Dj) dan Tabungan Wajib Pajak (TAWAP),” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Situgede, Dedi Suryadi, S.Pd.I, mengatakan sukses yang dicapai Pemerintahannya tak lepas dari perjuangan para aparat dalam menyosialisasikan kepada masyarakat. Selama satu setengah bulan lamanya, aparat desa dipimpin langsung oleh Kepala Desa Situgede, Dedi Suryadi tak henti-hentinya menyosialisasikan program satu hari lunas pajak.

“Alhamdulilah, dengan kerja keras dan kerja ikhlas, dalam satu hari program lunas pajak bisa terealisasikan. Semoga saja kedepannya prestasi ini bisa dipertahankan,” tutur Dedi, yang dikenal religius ini.

Sementara itu, salah seorang wajib pajak, Bambang (45), mengaku mempunyai lahan seluas 2 hektare. Pada hari itu, ia bersama warga lainnya, melunasi tanggungan pajaknya.

Ia menuturkan, terobosan program satu hari lunas pajak ini sangat positif. Sebgai warga negara yang baik ia ingin berpartisipasi untuk menyukseskan program tersebut.

“Sebagai rasa syukur, kegiatan lunas pajak dalam satu hari ini, dimeriahkan oleh beberapa penampilan seni dan budaya khas Jawa Barat, seperti seni tradisi Jaipong, Calung dan theater. Selain itu, ada juga pembagian hadiah kepada warga wajib pajak Desa situgede berupa alat elektronik dan hadiah menarik lainnya.” Ungkap Kades Situgede kepada “GE.” (Useu G Ramdhani/Doni)***

TULIS KOMENTAR KAMU DI SINI

Komentar

BAGIKAN