Hebat.! Peringati Hari Pendidikan Nasional, Rektor Uniga Serahkan 60 Beasiswa Berprestasi

Rektor Uniga, Abdusy Sayakur Amin, M.Eng, saat memberikan sertifikat beasiswa kepada sejumlah mahasiswa di Halaman Uniga pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Senin (2/5/2016).*

UNIGA, (GE).- Bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasiona (Hardiknas), Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng menyerahkan lampiran SK calon penerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) Tahun Akademik 2016-2017 kepada 60 mahasiswa yang berprestasi. Bertempat di Halaman Kampus Uniga, pemberian beasiswa disambut suka cita para mahasiswa yang mendapatkannya.

Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengungkapkan sesuai dengan tema Peringatan Hari Pendidikan Nasiona yaitu “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif” upacara kali ini meruapakn moment yang tepat untuk memberikan penghargaan secara formal kepada mahasiswa yeng telah bekerja secara sunguh sungguh. Sehingga mereka pantas diberikan apresiasi dari Pemerintah dan Universitas Garut.
Mahasiswa yang telah mengukir prestasi ini merupakan simbol dari tema peringatan hari pendidikannasional kali ini. Sebuah prestasi tidak bisa dicapai tanpa sebuah kerja keras, inovasi dan tentunya dengan mengikuti iklim kompetitif.

Mahasiswa yang meraih beasisswa merupakan hasil dari sebuah mekanisme dan proses serta seleksi yang panjang. 60 mahasiswa ini terpilih sebagai mahasiswa terbaik dari 5.600 jumlah mahasiswa Uniga. Harapannya melalui proses ini akan tercipta iklim yang kompetitif serta memberikan motivasi bagi yang belum mendapatkan beasiswa.

“Kita tidak ingin menjadi bangsa yang marginal, menjadi insan yang tertinggal sehingga sulit bersaing dengan bagsa lain yang telah maju. Sebagai bagian dari penyelenggaran pendidika, penghargaan ini merupakan amanah yang harus dijaga dengan baik, setiap amanah yang kita emban akan dimintai pertanggungjawabanya nanti di akhir kelak,” ungkapnya.

Lebh lanjut syakur mengungkapkan, Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini diharapkan tidak hanya diperingati secara seremonial saja tapi makna yang terkadung harus benar benar dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh civitas akademika Universitas Garut. Kerja secara ikhlas dan sunguh sungguh dengan dibarengi upaya untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan jaman sehingga Universitas Garut benar benar bisa bersaing secara kompetitif mengikuti iklim globalisasi.

Sedangkan Wakil Rektor bidang kemahasiswaan H. Aji Abdul Wahid mengungkapkan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA) merupakan dana bantuan yang diberikan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi yang baik dibidang akademik dengan salah satu indikatornya yaitu Indek Prestasi Komulatif (IPK).

Lebih lanjut Aji mengungkapkan dari sekian banyak mahasiswa yang mendaftar melalui seleksi yang cukup ketat maka terpilih 60 mahasiwa yang berhak mendapatkan beasiswa untuk selama 2 semester. Setiap mahasiswa yang memperolah beasiswa ini berhak mendapatkan biaya pendidikan sebesar Rp. 4,2 Jt / Tahun. Dana tersebut langusng disalurkan ke rekening masing-masing mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. (Gus Abar)***